Peristiwa Nasional Mudik 2017

Menkes: Posko Kesehatan Mudik Sudah Siap

Kamis, 22 Juni 2017 - 11:52 | 34.72k
Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek. (Foto: beritaenam)
Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek. (Foto: beritaenam)
FOKUS

Mudik 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek memastikan pos-pos kesehatan mudik di sejumlah lokasi jalur dan tempat pemberangkatan mudik sudah siap siaga. Kemenkes juga telah menyiapkan ambulans roda empat dan dua untuk pertolongan darurat.

"Kami sudah siap. Pos-pos kesehatan ada tingkatannya, untuk yang hanya mengecek pengemudi atau pemudik lelah, tapi apabila ada yang sakit bisa merujuknya ke puskesmas, bisa sampai ke RS," katanya di Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Nila menegaskan Kemenkes juga sudah melakukan koordinasi yang cukup kuat dengan kementerian/lembaga lain terkait akses penananganan kesehatan pemudik bersama Polri, Kementerian Perhubungan, dan juga Badan SAR Nasional.

"Ada juga tim relawan yang membantu berkoordinasi. Tapi bilamana diperlukan betul, kita berkoordinasi dengan Basarnas sampai helikopter sudah disediakan," kata Nila.

Kementerian Kesehatan menyiapkan 3.826 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia untuk persiapan mudik dan arus balik Lebaran 2017 yang efektif dilaksanakan H-7 sampai H+7 Lebaran.

Fasilitas kesehatan tersebut berupa 913 pos kesehatan sementara yang tersebar di 15 provinsi Indonesia, 2.228 puskesmas, 374 rumah sakit, 207 kantor kesehatan pelabuhan, dan 104 pusat keamanan publik yang terintegrasi dengan pusat telepon 119 dengan 71 di antaranya berada di jalur mudik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES