Ekonomi

Target 5 Tahun 5000 Pasar, Tahun Ini Kemendag Utang 117 Pasar

Kamis, 22 Juni 2017 - 11:25 | 23.46k
Mendag Enggar saat meninjau Pasar Blambangan Banyuwangi. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia
Mendag Enggar saat meninjau Pasar Blambangan Banyuwangi. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki target revitalisasi 5000 pasar selama 5 tahun di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan tahun 2017, pihaknya memiliki uutang revitalisasi 117 pasar. Angka itu dihasilkan dengan asumsi revitalisasi dilakukan 1000 pasar per tahun.

“Target revitalisasi 5000 pasar dicapai selama 5 tahun hingga tahun 2019. Sudah saya sampaikan kepada Pak Presiden Jokowi tahun ini saya punya utang 117 pasar, itu akan kita kejar di tahun 2018,” kata Enggar, Rabu (21/6/2017).

Enggar mengaku optimis target revitalisasi 5000 pasar yang merata di Pulau Jawa dan luar Jawa itu akan tercapai di tahun 2019 nanti. Dia mengaku kesulitan utama program itu ada pada anggaran yang terbatas.

“Revitalisasi pasar kita sesuaikan dengan anggaran yang ada, tapi dengan anggaran yang tersedia kita maksimalkan dan pasti bisa terpenuhi. Pendekatannya di kampung, di desa,” ucap Enggar dalam peluncuran el-Royal Hotel di Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang merupakan hotel miliknya.

Dijelaskannya selain dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Penyesuaian dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN, pihaknya juga mendorong revitalisasi menggunakan Dana Desa (DD). Mengenai prosentase revitalisasi yang menggunakan DD, pihaknya belum bisa memastikan karena juga melihat perkembangan terbaru.

“Nanti kan kita lihat Pemda mana yang mengajukan proposal revitalisasi pasar. Kita tinjau kelayakan dan kebutuhannya,” kata Enggar.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES