Peristiwa Daerah

Konvoi Mobil Damkar, Pemkot Batu Kenalkan Unit Terbaru

Rabu, 21 Juni 2017 - 22:53 | 197.80k
Mobil damkar bersama para personel Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu usai berkeliling. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Mobil damkar bersama para personel Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu usai berkeliling. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Iring-iringan empat mobil pemadam kebakaran (damkar) menyusuri jalan utama di Kota Batu. Paling depan adalah unit terbaru yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

Dibeli dengan anggaran Rp9,4 miliar, mobil damkar jenis aerial ladder ini disiapkan untuk melayani masyarakat, khususnya dalam  penanganan bencana kebakaran.

"Konvoi ini untuk mengenalkan unit baru kepada masyarakat walaupun belum diluncurkan secara resmi," kata Santoso Wardoyo, Kepala Bidang Operasional Kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu, Rabu (21/6/2017).

Selain itu, konvoi dilakukan dalam rangka mengecek kondisi jalan di Kota Batu, mengingat mobil damkar buatan Turki ini berdimensi cukup besar.

Santoso menerangkan, diperlukan ketinggian minimal 4,5 meter agar mobil dapat melintas dengan lancar. Hal-hal yang dapat merintangi laju kendaraan, seperti kabel listrik dan telepon Yang melintang jalan perlu diantisipasi.

"Saat melewati beberapa jalan, ada kabel yang agak rendah (ketinggiannya). Kita akan tindaklanjuti dengan berkirim surat kepada PLN dan Telkom untuk meninggikan kabel yang melintang di jalan," ujarnya.

Berbeda dengan yang ada sebelumnya, mobil ini tergolong lengkap dan canggih. Aerial ladder memiliki berbagai fasilitas pendukung yang dioperasikan secara digital.

BACA JUGA: Personel Damkar Kota Batu Siap Dilatih

Menurut Santoso, mobil tangga Damkar ini satu-satunya di wilayah Malang Raya dan sekitarnya. Di Jawa Timur, baru beberapa daerah yang memilikinya, yaitu Surabaya, Bojonegoro dan Madiun.

Direncanakan, pasca lebaran ini, aerial ladder unit akan diluncurkan secara resmi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES