Peristiwa Daerah

Lare Osing Banyuwangi Dapat Tips Mudik dari Dinas Kesehatan

Rabu, 21 Juni 2017 - 16:26 | 38.47k
Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia}
Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia}

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi mengajak Lare Osing (anak-anak suku Osing) untuk tetap menjaga kesehatan dalam perjalanan mudik. Ini karena perjalanan mudik bisa membutuhkan waktu lama.

Apalagi dengan menjalankan ibadah puasa, bila kesehatan tidak dijaga akan menimbulkan kelelahan hingga sakit pada para pemudik.

Kepala Dinkes Banyuwangi dr Widji Lestariono mengatakan, imbauan menjaga kesehatan itu juga turun dari Kementerian Kesehatan agar kesehatan masyarakat tetap terjaga di masa-masa mudik.

“Pertama siapkan fisik yang sehat dan prima, gunakan masker pelindung debu, asap dan polusi, dan lagi jangan memaksakan terus jalan saat badan terasa lelah dan mengantuk. Jangan lupa tidak minum obat yang menyebabkan kantuk,” kata dr Rio, sapaan dr Widji Lestariono, Rabu (21/6/2017).

Selain itu, setelah melakukan perjalanan selama 4 jam, pemudik disarankan selalu ambil waktu untuk beristirahat. Kemudian konsumsi makanan yang sehat dan bersih saja, jangan lupa cuci tangan dan jangan mudah memakan makanan pemberian orang yang tidak dikenal.

“Untuk menjaga stamina saat mudik, sebelumnya sebaiknya kita cukup istirahat,” tambah dr Rio.

Terakhir terkait pembuangan kotoran, dilarang membuang sampah di sembarang tempat, melainkan hanya di tempat sampah saja. Jangan lupa untuk buang air kecil dan buang air besar di toilet yang tersedia, dan bukan di sembarang tempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES