Kesehatan

Wah Ternyata Biji Semangka Kaya Manfaat Loh!

Kamis, 22 Juni 2017 - 01:30 | 38.63k
ILUSTRASI: Semangka. (Foto: ticketpal.net)
ILUSTRASI: Semangka. (Foto: ticketpal.net)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Semangka, buah yang mengandung lebih dari 80 persen air ini sangat segar. Makan buah semangka membuat tubuh segera serag kembali. 

Ternyata biji semangkapun punya beragam khasiat. Biasanya biji semangka diolah sebagai camilan sehat berupa kwaci. 

Biji semangka diproses dengan cara dikeringkan, dipanggang dan dikonsumsi sebagai camilan, meski kadang juga digunakan untuk bahan sup dan saus.

Lantas, apa saja manfaat biji semangka untuk kesehatan? 

Berikut penjelasannya 

1. Rendah kalori

Selain menyehatkan, ternyata camilan biji semangka mengandung jumlah kalori yang sedikit. Dalam jumlah satu ons biji semangka, yaitu sekitar 400 butir, mengandung sekitar 158 kalori. Nyatanya kalori tersebut tidak jauh lebih rendah daripada satu ons keripik kentang (15 keping) yang berjumlah 160 kalori.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang berupaya diet atau menurunkan berat badan tidak ada salahnya untuk mengganti camilan dengan biji semangka panggang sebagai salah satu asupan diet Anda.

2. Mengandung protein

Pada satu cangkir biji semangka kering mengandung 30,6 gram protein, itu sama halnya dengan memenuhi jumlah kebutuhan protein harian sebanyak 61% dari jumlah yang dibutuhkan perharinya. Protein dalam biji semangka terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin.

Sebetulnya tubuh juga bisa menghasilkan arginin, namun pada beberapa kondisi kesehatan tubuh akan lebih baik ditambah arginin dari sumber makanan lain. Beberapa manfaat kesehatan dari arginine termasuk mengatur tekanan darah dan mengobati penyakit jantung koroner. Lalu, ada beberapa zat asam amino lainnya yang membentuk protein pada biji semangka, termasuk triptofan, asam glutamat, dan lisin.

3. Vitamin

The American Cancer Society mengatakan bahwa vitamin B pada manfaat biji semangka diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi serta dapat menjadi fungsi tubuh penting lainnya. Salah satu jenis vitamin B yang banyak terdapat di biji semangka adalah niasin. Niasin penting untuk menjaga sistem saraf, sistem pencernaan dan kesehatan kulit.

Satu cangkir biji semangka kering mengandung 3,8 mg niasin, yaitu mencukupi sekitar 19 persen dari kebutuhan harian vitamin B. Vitamin B lainnya pada biji semangka meliputi folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan asam pantotenat.

4. Mengandung mineral

Tidak hanya akan vitamin dan protein saja, manfaat biji semangka lainnya yaitu mengandung mineral magnesium yang berlimpah. Magnesium yang terdapat dalam biji semangka sebanyak 556 mg, atau sekitar 139 persen lebih banyak kebutuhan magnesium tubuh sehari-harinya.

Menurut National Institutes of Health, magnesium membantu mengatur tekanan darah dan memetabolisme karbohidrat, serta memiliki efek menguntungkan pada gula darah tubuh. Mineral penting lainnya dalam biji semangka adalah fosfor, besi, kalium, natrium, tembaga, mangan dan seng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES