Peristiwa Nasional

Mulai Dipasang, Kualitas Tenda Jemaah Haji di Arafah Jauh Meningkat

Rabu, 21 Juni 2017 - 11:01 | 28.01k
Tenda baru mulai dipasang di Arafah untuk jemaah haji Indonesia (Foto: kemenag)
Tenda baru mulai dipasang di Arafah untuk jemaah haji Indonesia (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Sebagaimana dijanjikan pemerintah, jemaah haji Indonesia tahun ini akan menikmati tenda baru dengan kualitas jauh lebih baik dari sebelumnya, saat menjalani wukuf di Arafah. 

"Sampai saat ini sudah 60 persen yang terpasang. Insya Allah, minggu pertama atau kedua pada bulan Juli, pemasangan sudah selesai dan akan diserahkan penggunaannya oleh perusahaan kepada Muassasah Asia Tenggara," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai meninjau lokasi. 

Dibuat dari bahan PVC yang tahan air dan tahan api, tenda ini juga dapat menginsulator panas sehingga hawa dingin yang ada di dalam tenda tidak mudah keluar. Setiap tenda juga akan dilengkapi dengan pendingin udara (evaporative air cooler).

Dengan konstruksi menggunakan baja yang kuat sehingga tidak gampang bergeser dan lebih tahan angin, tiang-tiang tenda ditancapkan ke tanah dengan paku besi sepanjang 80-90 cm. Jarak antar 5 m ditarik dengan pengikat aluminium yang kuat sehingga tenda tidak mudah goyah dan mampu menahan tiupan angin kencang.

"Tinggi atap tenda mencapai 3.5 m sehingga cukup menahan panas," imbuh Menag.

Sementara Staf Teknis Haji (STH) I Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah, Ahmad Dumyathi Basori menambahkan jika luas tenda Arafah bervariatif. Ada yang bisa menampung 180 orang, ada juga yang lebih luas sehingga bisa menampung lebih banyak lagi.

"Space per jemaah 1.3m di setiap tenda," sambungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES