Peristiwa Internasional

Hari Raya Idul Fitri Ditetapkan Lewat Sidang Isbat 24 Juni

Rabu, 21 Juni 2017 - 09:02 | 28.58k
Sidang itsbat Kementerian Agama (Foto: kemenag)
Sidang itsbat Kementerian Agama (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Demi menetapkan awal bulan Syawal 1438 H atau Hari Raya Idul Fitri, Kementerian Agama akan menggelar lagi sidang isbat pada Sabtu (24/6/2017) mendatang.

"Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juni 2017M di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No 6, Jakarta," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhammad Thambrin.

Menurutnya, sidang isbat akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), planetarium dan pakar falak dari ormas-ormas Islam.

Selain itu, para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga akan hadir dalam sidang yang rencananya akan dipimpin langsung Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," imbuh Muhammad Thambrin.

Sebagaimana biasa, proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H. Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas shalat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Muhammad Thambrin menambahkan jika Kemenag akan menurunkan sejumlah pemantau hilal di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES