Gaya Hidup

Ini Tradisi Hari Raya di Indonesia

Rabu, 21 Juni 2017 - 06:11 | 22.04k
ILUSTRASI: Ziarah (Foto: tribunnews)
ILUSTRASI: Ziarah (Foto: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri sejatinya merupakan Hari Raya umat Muslim untuk kembali ke fitrah. 

Di Indonesia ada tradisi yang melekat pada perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini sudah turun temurun dilakukan oleh warga Indonesia. Berikut ulasannya

Adanya Uang THR

Perusahaan-perusahaan di Indonesia biasanya mengeluarkan Tunjangan Hari Raya atau THR, saat menjelang Lebaran untuk para karyawannya. Hal ini telah menjadi ketetapan resmi dari pemerintah. selain THR dari perusahaan untk karyawannya, biasanya orang Indonesia juga memberikan THR pada anak-anak kecil, pada saat Lebaran tiba.

Baju Baru

Tradisi dapat disebut juga sebagai simbol, bahwa Lebaran adalah hari yang fitri, dan kita terlahir seperti baru kembali. Namun, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli baju baru, terlebih bila budget yang kamu miliki terbatas. Karena baju baru ini bukanlah suatu hal yang menjadi keharusan.

Mudik

Sebagian besar warga Indoensia, mencari nafkah jauh dari kampung halamannya. Oleh sebab itu saat menjelang Lebaran, menjadi sebuah momen yang dipergunakan oleh kebanyakan warga Indonesia, untuk pulang kampung atau lebih dikenal dengan istilah mudik.

Hal tersebut dikarenakan, biasanya hari libur saat Lebaran lebih panjang, apabila dibandingkan dengan hari libur momen-momen lain. Sehingga masyarakat memanfaatkan momen lebaran ini, untuk pulang ke kampung halamannya, guna melepas rindu dan berkumpul menghabiskan momen hari kemenangan bersama sanak saudara.  

Takbir Keliling

Pada malam sebelaum Lebaran, biasanya orang Indonesia mengumandangkan Takbir sebagai tanda kemenangan, setelah melaksanakan ibadah Puasa selama satu bulan lamanya. Di Indonesia sendiri, ada sebuah tradisi unik dalam mengumandangkan Takbir, dimana warga Indonesia biasanya melakukan Takbir keliling kampung atau bahkan kota, menggunakan kendaraan atau sekedar berjalan kaki.

Membuat Ketupat

Di Indonesia, siapa yang tidak tahu dengan Ketupat?. Yah, Ketupat merupakan makanan wajib, yang selalu disajikan, tatkala momen hari raya Idul Fitri tiba. Biasanya, para ibu sudah mempersiapkan ketupat antara satu atau dua hari jelang Lebaran. Dalam menyantap sajian Ketupat, umumnya dilakukan setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri, dan ditemani dengan sajian spesial saat Idul Fitri lainnya, seperti Opor Ayam, Semur, dan juga Rendang.

Halal Bi Halal

Halal bi halal merupakan salah satu istilah untuk tradisi yang ada saat Lebaran tiba. Tradisi tersebut ialah saling mengunjungi satu sama lain dengan teman, tetangga, dan sanak saudara, untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. 

Ziarah Ke Makam Keluarga

Masyarakat Indonesia, biasanya akan berziarah ke makan keluarga atau kerabatnya, setelah mereka selesai melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri. Hal tersebut mereka lakukan, untuk mendo'akan anggota keluarganya yang telah tiada.

Itulah ulasan mengenai tujuh tradisi unik jelang Lebaran Idul Fitri di Indonesia, sahabat sekalian. Tradisi-tradisi yang telah kita bahas di atas, merupakan tradisi yang masih belum tergerus oleh perkembangan zaman, dan masih dipertahankan hingga saat ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES