Ekonomi

Menteri Perdagangan: Harga Sembako Jelang Lebaran Dijamin Stabil

Selasa, 20 Juni 2017 - 16:03 | 31.74k
Mendag Enggar bercakap-cakap dengan pedagang Pasar Blambangan Banyuwangi  (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Mendag Enggar bercakap-cakap dengan pedagang Pasar Blambangan Banyuwangi (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1438 H, harga berbagai kebutuhan pokok secara nasional dijamin stabil. Hal itu disebabkan pasokan berbagai komoditas berhasil terjaga.

“Secara keseluruhan harga stabil karena pasokannya kami pastikan. Stok nasional daging aman, beras aman, gula sangat aman, minyak goreng aman, bawang putih aman, semuanya aman,” kata Enggar, sapaan Enggartiasto Lukita saat meninjau Pasar Blambangan, di Jalan Basuki Rachmat, Banyuwangi, Jawa Timur, hari ini, Selasa (20/6/2017).

Selain dinyatakan aman, harga semua komoditi bahan pokok juga stabil, cenderung turun dan sebagian komoditi justru berkontribusi devlasi. Dikatakan Enggar hanya sedikit sekali yang ada kenaikan, dan itu tidak bisa disiapkan dalam 1 bulan.

“Kami sudah bersiap sejak akhir tahun 2016 menekan harga kebutuhan jelang lebaran. Kita masuk hingga jaringan dagangnya. Nanti kita lihat di akhir, tentu kita berharap tidak ada inflasi,” imbuh Enggar.

Di Pasar Blambangan Banyuwangi harga bawang merah Rp 35 ribu per kilogram dari yang sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram, cabai kecil harganya Rp 30 ribu per kilogram dan cabai besar Rp 20 ribu per kilogram.

Sementara itu daging ayam baru naik dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi lokal harganya stagnan di Rp 120 ribu per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES