Peristiwa Nasional

Sambut Mudik, BMKG Yakin Cuaca Selat Sunda Bakal Bersahabat

Selasa, 20 Juni 2017 - 16:30 | 21.97k
Ilustrasi penyeberangan di Pelabuhan Merak (Foto: liputanindonesia)
Ilustrasi penyeberangan di Pelabuhan Merak (Foto: liputanindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca penyeberangan Merak-Bakauheni aman bagi pelayaran, termasuk bagi mereka yang ingin mudik lebih awal.

"Kami menjamin pelayaran penyeberangan Merak-Bakauheni melalui Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal," ujar Koordinator Pos Komando BMKG Pelabuhan Merak Soemardi di Merak, Selasa (20/6/2017).

Selama beberapa hari terakhir, cuaca di Perairan Selat Sunda bagian utara memang relatif normal sehingga penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar, bahkan sampai puncak arus mudik lebaran pada H-3 dan H-2, khususnya untuk penyeberangan menuju Pulau Sumatera.

Saat ini, ketinggian gelombang berkisar antara 0,2 hingga 0,5 meter dengan jarak pandang 3 hingga 6 kilometer.  Gelombang bergerak dari arah selatan dan tiupan angin dari timur tenggara, sedangkan kecepatan angin mencapai 9 knot atau 18 kilometer per jam.

Selain itu juga suhu antara 24-33 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 60-90 persen. Namun, hujan intensitas ringan berpeluang turun di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni pada malam hari.

Dari data itu, cuaca Perairan Merak-Bakauheni diyakini aman bagi pelayaran kapal jenis roll off roll on (ro-ro) atau feri. "Kami yakin cuaca Perairan Merak-Bakauheni normal dan tidak membahayakan bagi pelayaran," tutup Soemardi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES