Peristiwa Daerah MTQ Mahasiswa Nasional 2017

UB-UM Tuan Rumah MTQ Mahasiswa Tingkat Nasional

Senin, 19 Juni 2017 - 20:41 | 52.61k
Rektor UB, Prof Ir M Bisri MS beserta panitia menabuh rebana sebagai tanda launching MTQMN XV. (Foto: Imad/ TIMES Indonesia)
Rektor UB, Prof Ir M Bisri MS beserta panitia menabuh rebana sebagai tanda launching MTQMN XV. (Foto: Imad/ TIMES Indonesia)
FOKUS

MTQ Mahasiswa Nasional 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV. 

Ketua panitia MTQMN XV, Akh Muwafik Saleh, S.Sos M.Si mengatakan MTQMN merupakan even dua tahun sekali yang rutin digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Muwafik menyatakan tahun ini antusias peserta sangatlah tinggi. Bahkan, hingga saat ini sudah ada 278 perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

"Saat ini sudah ada 2.011 peserta, dengan 345 offisial dari 278 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Targetnya hingga penutupan nanti ada 3000 hingga 3500 perserta," kata Muwafik, Senin (19/6/2017).

Muwafik menyebutkan akan ada 13 cabang perlombaan dengan rincian 7 cabang akan berlangung di UB dan 6 cabang di UM. ia juga menyebutkan MTQMN juga akan didukung dengan berbagai kegiatan pendukung seperti bazzar, seminar parenting, bedah sejarah kebangsaan hingga pemecahan rekor MURI. 

"Semua kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan, pada tanggal 28 Juli hingga 3 Agustus 2017 mendatang. Ada juga pemecahan rekor MURI, yaitu khataman Al Quran 24 jam non-stop selama 7 hari," tambahnya. 

Sementara itu, Rektor UB, Prof Ir M Bisri MS mengatakan MTQMN tahun ini antusiasnya sangat pesat. Karena di tahun sebelumnya, MTQMN hanya diikuti oleh seratus orang. Ia pun berharap dengan adanya antusias yang tinggi ini, dapat meningkatkan potensi dari berbagai mahasiswa muslim di Indonesia.

"Antusiasnya tahun ini sangat tinggi, mungkin karena Malang yang sejuk jadi pesertanya banyak," kata Bisri sembari tersenyum. 

Sebagai informasi, pendaftaran bisa diakses secara online di laman PD DIKTI (http://forlap.ristekdikti.go.id). Sedangkan untuk syarat peserta ialah mahasiswa Program Sarjana dan Diploma dengan umur maksimum 23 tahun 11 bulan 30 hari, pada tanggal 28 Juli 2017, ketika MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 dimulai.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES