Pendidikan

Ada Papan Harapan di SMAN 1 Glagah, Apa itu...

Senin, 19 Juni 2017 - 11:16 | 416.52k
'Papan Harapan' di SMAN 1 Glagah, Banyuwangi, untuk memotivasi dan mendorong kreativitas siswa. (Foto: Dian Efendi/TIMES Indonesia)
'Papan Harapan' di SMAN 1 Glagah, Banyuwangi, untuk memotivasi dan mendorong kreativitas siswa. (Foto: Dian Efendi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cara yang digunakan guru SMAN 1 Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, ini mungkin bisa dicontoh sekolah lain. Guna memberi motivasi dan mendorong kreativitas siswa, mereka menyediakan ‘Papan Harapan’ di lingkungan sekolah.

Di papan ini, siswa diajak menuliskan keinginan atau cita-cita mereka.

“Setiap orang pasti punya keinginan atau cita-cita. Mustahil keinginan itu bisa tercapai tanpa adanya motivasi,” ungkap Nuryadin, guru sosiologi SMAN 1 Glagah, Banyuwangi, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, motivasi bisa didapat dari orang tua, pasangan, pacar atau orang yang dekat dan peduli dengan kita. Namun, yang tak kalah penting motivasi atau semangat itu harus muncul dari diri kita sendiri.

Agar semangat itu terus menerus muncul, diperlukan media atau alat yang bisa membantu daya ingat dan pemompa semangat. Salah satunya adalah dengan menulis.

“Tempelkan tulisan keingin itu di tempat yang paling mudah dilihat. Misalnya di kaca rias, tembok kamar, atau di Wallpaper HP,” jelasnya.

Lebih bagus, kata Nuryadin, kertas yang digunakan berwarna cerah. Tujuanya untuk merangsang indera pengelihatan agar melihat tulisan itu sesering mungkin.

“Dengan itu kita tidak akan lupa dengan cita-cita yang kita inginkan. Otak dan pikiran serta tindakan kita pasti akan terpacu untuk meraihnya,” ungkapnya.

Keyakinan guru yang dikenal penuh inovasi ini bukan tanpa alasan. Dia mencontohkan, murid-murid di SMAN 1 Glagah, acap kali menempel kertas berisi tulisan cita-cita di dinding laboratorium komputer. Dan ternyata, banyak lulusan berhasil menggapai cita-cita yang ditulisnya itu.

“Sampean lihat ini, ratusan kertas warna warni berisi keinginan para siswa ditempel disini,” pungkas Nuryadin, sambil menunjuk ratusan kertas warna warni tulisan cita-cita Siswa SMAN 1 Glagah yang ditempel di papan.

Dari pantauan TIMES Indonesia, deretan tulisan berisi cita-cita dan harapan siswa SMAN 1 Glagah, memang terpajang rapi di ‘Papan Harapan’ tersebut.

Dalam kertas berwarna cerah, tertulis keinginan para siswa. Mulai dari cita-cita bisa masuk perguruan tinggi negeri favorit, meraih pekerjaan yang diidamkan hingga tentang asmara, yang membuat senyum pembaca mengembang.

“Bismillah, Halalin aku pake akad, bukan coklat,” begitu bunyi tulisan itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES