Peristiwa Nasional

Pemprov Jatim Upayakan Tarif Tol Waru Gratis

Minggu, 18 Juni 2017 - 17:11 | 225.95k
ILUSTRASI: Jalan Tol (Foto: primaradio)
ILUSTRASI: Jalan Tol (Foto: primaradio)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana untuk menggratiskan tarif ruas jalan tol Waru ke Sepanjang gratis atau dibebaskan biayanya selama arus mudik Lebaran 2017.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di sela peninjauan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto-Kertosono, Minggu (18/6/2017).

Menurutnya, ruas tol Waru-Sepanjang memiliki panjang 2,3 kilometer di seksi IA bagian jalan tol Surabaya-Mojokerto, sudah merupakan jalur operasional sehingga sudah dikenakan tarif sejak diresmikan lalu. Untuk sekali masuk kendaraan roda empat, pengendara dikenai tarif Rp1.500, dan sudah diumumkan. 

"Kami akan usulkan ke pusat untuk ruas Waru ke Sepanjang untuk dibebaskan selama Lebaran ini, dan semoga disetujui," kata Soekarwo yang dilansir dari Antara. 

Ia menambahkan untuk pengoperasian secara resmi jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dimulai pada Senin (19/6/2017).  Tipe jalur operasional ini,  sudah bisa digunakan dua arah dan sudah dilalui sebelumnya, serta fungsional atau hanya difungsikan khusus mudik Lebaran.

"Khusus fungsional, sudah layak dilewati tetapi masih terdapat kekurangan-kekurangan, seperti belum adanya rambu jalan, penerangan jalan, jalan sebidang dan lainnya. Tarifnya gratis," tambahnya.

Sementara itu, untuk jalur fungsional, hanya akan diperuntukkan kendaraan golongan kelas I atau bukan bus dan bukan angkutan barang, yakni meliputi jalur Sepanjang-Driyorejo-Krian dan Mengkreng-Kertosono.

Pembukaan untuk jalur mudik ini, akan dibuka searah dari Surabaya ke Mojokerto, kemudian untuk arus baliknya giliran dari Mojokerto ke Surabaya yang dibuka searah. Jalur tol dari Surabaya-Mojokerto dibuka 19-26 Juni 2017, sedangkan arah sebaliknya dari Mojokerto-Surabaya dibuka 27 Juni-3 Juli 2017.

"Pembukaannya mulai pukul 06.00 WIB dan ditutup 17.00 WIB," katanya.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES