Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,291 • USD → IDR Beli: 13,305
  • EUR → IDR Jual: 14,951 • EUR → IDR Beli: 14,971
  • HKD → IDR Jual: 1,707 • HKD → IDR Beli: 1,709
  • JPY → IDR Jual: 120 • JPY → IDR Beli: 120
  • AUD → IDR Jual: 9,958 • AUD → IDR Beli: 9,973
  • SGD → IDR Jual: 9,576 • SGD → IDR Beli: 9,593
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 532,000
  • Perak Jual → 10,500
  • Update Tanggal 23-05-2017

Usir Migrain dengan Gaya Hidup Sehat

Home / Kesehatan / Usir Migrain dengan Gaya Hidup Sehat
Usir Migrain dengan Gaya Hidup Sehat ILUSTRASI - Sakit kepala migrain (Foto: epochtimes)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Migrain yang menyerang tiba-tiba tentu sangat mengganggu. Menyembuhkan migrain dengan obat juga belum tentu efektif karena hanya bersifat sementara. Agar tak mengganggu aktivitas, cobalah melakukan perubahan dalam gaya hidup seperti yang dilansir dari The Asian Parent berikut ini untuk mengurangi frekuensi teror migrain.

1. Latihan relaksasi
Beberapa latihan relaksasi seperti yoga, cukup efektif untuk meringankan rasa nyeri akibat migrain. Jika Anda benar-benar tertarik dengan metode ini, ikutilah kelas yoga secara rutin di waktu luang dan berkonsultasilah dengan instruktur yoga Anda tentang pose yoga yang cocok untuk penderita migrain.

2. Kurangi konsumsi makanan kurang sehat
Hindarilah daging berwarna merah, makanan olahan, pemanis buatan, junk food, makanan berbahan pengawet, soda, makanan yang terlalu asin dan mengandung MSG. Ahli pengobatan tradisional Cina berpendapat, makanan tersebut dapat meningkatkan kadar energi api dalam tubuh, dan kadar energi api yang berlebihan mengakibatkan gangguan kesehatan.

3. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur
Tingkatkan konsumsi buah, sayuran, ikan, makanan organik dan makanan lain yang diproses seminimal mungkin. Pastikan Anda selalu memeriksa label komposisi makanan apapun, dan hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung bahan kimia.

4. Perbanyak air putih
Dehidrasi (kekurangan air) kronis adalah salah satu penyebab sakit kepala sebelah dan penyakit serius lainnya. Air putih juga membantu memurnikan aliran darah, mengeluarkan racun dan mengurangi kekentalan darah agar darah mengalir tanpa hambatan ke seluruh tubuh.

5. Tulis di buku harian
Catatlah tanggal, jam dan pada situasi apa nyeri sebelah kepala Anda muncul, agar Anda dapat mengetahui hal apa sajakah yang bisa membuat Anda stres dan migrain kumat. Curhat dalam buku harian juga baik untuk menstabilkan emosi, karena setiap orang butuh didengarkan ketika mereka sedang tertekan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com