Indonesia Positif

Wow Mahasiswa STIKI Berhasil Ciptakan Game 3D

Jumat, 16 Juni 2017 - 23:42 | 63.47k
Tim Snady (ki-ka: Yosep, Chandra, Steven, Andik, Christian) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Tim Snady (ki-ka: Yosep, Chandra, Steven, Andik, Christian) (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada banyak permainan anak-anak yang menggunakan alat bantu papan. Siapa yang tidak mengenal Monopoli, Otelo, Halma, dan permainan menyusun kata Scrabble?

Di antara semua board games itu, ada permainan Ular-Tangga yang mudah untuk dimainkan. Sayang, belakangan tak mudah menemukan papan permainan ini dijual.

Sekelompok mahasiswa STIKI Malang yang melihat hal ini kemudian berinisiatif membuat permainan Ular-Tangga menjadi lebih mudah ditemukan. Tim awalnya terbentuk karena tugas kuliah ini digawangi oleh programmer Steven Nugroho, Andik Siswanto, & Yosep Aditya Putra, animation & graphic designer William Nugraha & Tri Gio Siswo, sound & effect engineer Christian Ari Kurniawan, dan Chandra Arif Setiawan di bagian skenario.

Snady5zXMZ.jpg

Game ciptaan mereka diberi nama Snady Snake & Ladder 3D. Game bertema hijau lingkungan ini berformat 3D dengan fitur tambahan kamera 2D. Ini merupakan permainan Ular-Tangga 100 kotak.

Game ini dikerjakan dengan menggunakan software Unity3D selama tiga bulan. Dibantu Doleno STIKI, mereka memajang aplikasi Snady di Google Play Store dengan spesifikasi minimal Android 2.3.

Ada banyak tantangan dalam pengerjaan game ini. Terutama di bagian algoritma untuk jalan dari ”Si Ular”.

Banyak hal baru juga harus mereka pelajari untuk menyempurnakan game ini. Christian yang mendapat bagian mengerjakan musik dan efek, contohnya, harus belajar dari awal tentang cara memproduksi audio pengiring.

“Semoga game ini banyak diunduh dan terus berkembang,” harap Chandra mewakili timnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES