Peristiwa Internasional

Setelah Ditekan AS, Qatar Beli 36 Jet F-15 Senilai Rp 160 triliun

Jumat, 16 Juni 2017 - 08:03 | 47.06k
ILUSTRASI: F-15 fighter jets. (Foto: dohanews.co)
ILUSTRASI: F-15 fighter jets. (Foto: dohanews.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – AS dan Qatar tandatangani kesepakatan pembelian 36 pesawat jet tempur F-15 dengan nilai sekitar 12 miliar Dollar atau setara sekitar Rp 160 triliun.

Kesepakatan tersebut ditandatangani setelah Menteri Pertahanan Qatar Khalid Al Attiyah berkunjung ke Washington pada Rabu (14/6).

Sekadar informasi, pada 2013 lalu Qatar mengumumkan bahwa negaranya akan membeli 72 pesawat jensi "combat jet". Ada 3 negara yang bersaing menawarkan produknya yakni Inggris, Amerika Serikat dan Prancis.

Tahun 2016 lalu, pemerintah Prancis mengumumkan bahwa pemerintah Qatar sudah menyetujui pembelian 24 pesawat dengan perkiraan nilai QR 27,75 miliar.

Namun, pada November 2016 lalu, AS juga mengumumkan bahwa AS telah menyetujui rencana penjualan jet tempur F-15QA sebanyak 72 unit kepada Qatar senilai 21,1 miliar Dollar. Namun sampai tahun 2017 mengalami penundaaan karena beberapa alasan politis

Jadi, kesepakatan pembelian 36 buah jet F-15 tersebut sebenarnya adalah setengah dari rencana pembelian 72 buah jet F-15 sesuai kesepakatan pada 2016 lalu.

Pentagon menyatakan kesepakatan ini akan meningkatkan kerja sama pertahanan antara Qatar dan AS ke depan. Termasuk program kerja sama operasi kedua negara untuk mendinginkan krisis negara Qatar dan beberapa negera Arab saat ini.

Namun, ironis yang terjadi, sampai saat ini Presiden Trump masih menganggap Qatar sebagai sponsor utama dari terorisme. Sejumlah negara di Timur Tengah, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Libya, hingga Sri Lanka bahkan mengikuti "perintah" AS untuk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Apakah pembelian 36 pesawat F-15 ini mampu menghentikan krisis tersebut?  Mari kita terus lihat perkembangan krisis Qatar ini...

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES