Peristiwa Daerah

RSUD Dr Iskak Tulungagung, Pelopor Public Safety Center di Indonesia

Kamis, 15 Juni 2017 - 17:14 | 378.23k
ILUSTRASI: Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Iskak (Foto: rsudtulungagung)
ILUSTRASI: Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Iskak (Foto: rsudtulungagung)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah prestasi membanggakan ditorehkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Iskak Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek menetapkan Tulungagung Emergency Medical Service (TEMS), layanan kegawatdaruratan terpadu di rumah sakit ini sebagai percontohan bidang public safety center (PSC) tingkat nasional.

Melalui layanan panggilan gawat darurat di nomor telepon 320-119, petugas akan merespon cepat. Untuk pasien gawat darurat, RSUD Dr Iskak menerapkan respon time 0 menit. Artinya langsung ditangani oleh petugas.

SupriyantoO3PN8.jpg

"Untuk pasien gawat tapi tidak darurat, respon time kami 15 menit," kata dr Supriyanto, Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung kepada TIMES Indonesia beberapa waktu lalu.

Capaian ini dilalui dengan perjuangan keras dan tidak mudah. Butuh waktu beberapa tahun untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang benar-benar memadai dan berstandar internasional.

Menurut Supriyanto, meski public safety center bukan hal baru di negara-negara maju, Kabupaten Tulungagung membuktikan diri sebagai pionir public safety center di Indonesia.

Berangkat dari visi mewujudkan masyarakat 'ayem tentrem mulyo lan tinoto', Pemerintah Kabupaten Tulungagung menerjemahkannya ke dalam program bertajuk Public Safety Center. Program ini menempatkan masyarakat untuk menerima pelayanan kesehatan secara terpadu, termasuk urusan kegawatdaruratan. 

Dirintis sejak 2013, ia menyebutkan membangun sinergi dan komunikasi antar instansi menjadi kendala sekaligus tantangan yang nyata. Namun, dengan semangat awareness kepada masyarakat, tantangan tersebut mampu dijawab. 

Bahkan Menkes mengapresiasi sinergitas kelembagaan dalam layanan kegawatdaruratan RSUD Tulungagung. Banyak pihak terlibat dan terintegrasi, di antaranya tim RSUD, kepolisian, Kodim, BPBD, dan PMK.

Pelayanan rumah sakit milik Pemkab Tulungagung ini bahkan mengampu pasien mulai Blitar hingga ke wilayah Kabupaten Pacitan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES