Politik

Riduan Effendi Maju Cawagub Sumsel, Ini Lho Keunggulannya

Kamis, 15 Juni 2017 - 16:33 | 182.86k
Mantan Wali Kota Lubuklinggau, Riduan Effendi Mendaftar Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel di Partai NasDem. (Foto: Istimewa)
Mantan Wali Kota Lubuklinggau, Riduan Effendi Mendaftar Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel di Partai NasDem. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tokoh yang akan maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 semakin banyak.

Kali ini mantan Wali Kota Lubuklinggau Riduan Effendi berniat maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Keseriusan Riduan Effendi ini dibuktikan dengan mendaftar Bakal Calon Wakil Gubernur Sumsel di partai NasDem, Kamis (15/6/2017) di Kantor DPW NasDem Sumatera Selatan, Jalan Demang Lebar Daun Kota Palembang.

Menurut Riduan Effendi, rencana bertarung di Pilkada Sumsel 2018 pihaknya ingin mengabdikan diri selama kesempatan dan peluang itu ada.

"Setelah mengukur diri, saya hanya akan maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sumsel," ungkap Kader Hanura Sumsel ini.

Mengenai akan mendampingi siapa nantinya, dia menyerahkan kepada mekanisme partai dan komunikasi politik.

"Komunikasi politik akan tetap kita jalani kepada siapapun termasuk kepada H Ishak Mekki Bakal Calon Gubernur Sumsel dari Demokrat, Herman Deru dan Syahrial Oesman sendiri sebagai Ketua DPW NasDem Sumsel yang juga mendaftar di Partai NasDem ini," kata Mantan Kader Golkar ini.

Selain itu, dia juga mengaku akan melakukan komunikasi dengan Partai Hanura yang menjadi naungannya saat ini untuk bisa diusung dari Partai Hanura sebagai Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

Sementara, berdasarkan catatan Litbang TIMES Indonesia (LTI) Riduan Effendi merupakan Mantan Wali Kota Lubuklinggau dua periode yakni 2003 - 2008 dan 2008 - 2013.

Namun sebelumnya juga pernah menjadi Wali Kota Administratif Lubuklinggau (1998 - 2001) dan juga Pj. Wali Kota Lubuk Linggau (2001 - 2003) sehingga ketokohannya tidak diragukan untuk wilayah Lubuklinggau dan Musi Rawas. 

Selain itu, Riduan juga merupakan putra asli Besemah atau kawasan dataran tinggi Sumsel seperti Lahat, Pagar Alam serta Empatlwang dan masih berkerabat dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Dia juga menjadi Wali Kota Lubuklinggau merupakan representasi Partai Golkar kala itu.

Ketika ditanya apakah sudah berkomenikasi dengan Alex Noerdin sebagai ketua Golkar Sumsel dan mungkin sebagai kerabat, pihaknya mengaku belum berkomunikasi terkait niatnya maju di Pilkada Sumsel 2018.

Dengan kekuatan basis kawasan Musi Rawas, Lubuklinggau dan Kawasan Besemah diperkirakan tokoh ini bisa manjadi magnet bagi Calon Gubernur Sumatera Selatan. Apalagi bayak kandidat Gubernur yang akan maju banyak berasal dari basis Suku Komering seperti Herman Deru, Ishak Mekki dan Syahrial Oesman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES