Peristiwa Nasional

Presiden Ajak Masyarakat Ikut Kampanye Zakat

Rabu, 14 Juni 2017 - 23:03 | 30.28k
Presiden Joko Widodo bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat meluncurkan gagasan inklusi zakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/6/2017) (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) saat meluncurkan gagasan inklusi zakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/6/2017) (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan gagasan inklusi zakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Gagasan tersebut berupaya mengajak sebanyak mungkin lapisan masyarakat untuk ikut dalam kampanye zakat dan menjadi agen zakat bagi masyarakat di semua lapisan. Salah satu langkah yang ditempuh untuk mendukung hal tersebut yakni dengan memulai program penghimpunan zakat melalui ratusan ribu agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Penghimpunan zakat melalui agen Laku Pandai tersebut merupakan bukti bahwa teknologi dapat berpadu dengan kerja dan ibadah umat Islam. Penghimpunan zakat melalui agen Laku Pandai memang disebut dalam laporan Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo, sebagai inovasi layanan pembayaran zakat.

Upaya untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk turut membayarkan zakatnya berarti mendorong pula pemerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia. Apalagi dengan hadirnya inovasi pembayaran zakat melalui Laku Pandai, akan semakin mempermudah upaya tersebut.

Dalam acara ini, turut dihadirkan 30 konter BAZNAS beserta 7 konter agen Laku Pandai yang dapat melayani penyaluran zakat, infak, dan sedekah secara langsung di lokasi acara. Tampak Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang masing-masing menyalurkan zakatnya melalui konter-konter tersebut untuk kemudian diikuti oleh para menteri dan pejabat eselon I kementerian maupun lembaga pemerintah, serta sejumlah direksi BUMN.

Presiden sendiri dalam kesempatan tersebut menyalurkan zakatnya secara langsung sejumlah Rp 45 juta. Bukti penyalurannya diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS kepada Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES