Peristiwa Daerah

Polresta Sidoarjo Luncurkan Inovasi Pelayanan Publik berbasis IT

Selasa, 13 Juni 2017 - 16:45 | 24.17k
Kapolresta Sidoarjo, Kombespol M Anwar Nasir saat menerangkan inovasi Polresta Sidoarjo (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Kapolresta Sidoarjo, Kombespol M Anwar Nasir saat menerangkan inovasi Polresta Sidoarjo (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah menciptakan inovasi pelayanan publik berbasis IT, yakni SKCK online, kali ini Polresta Sidoarjo, Jawa Timur kembali melaunching inovasi pelayanan publik berbasis informasi teknologi lainnya. 

Inovasi tersebut adalah Quick Respon Center (QRC), D-S3 (Digital Security Sistem Semeru) serta tiga inovasi untuk intern Polreta Sidoarjo yakni Tactical Game PolriSmart Office dan E-Kinerja.

Kelima inovasi tersebut di launching dan dikenalkan ke publik di halaman Mapolresta Sidoarjo, Selasa (13/6/2017).

 Launching tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol M Anwar Nasir bersama oleh  Bupati Sidoarjo, Wakapolres Sidoarjo serta Danramil Sidoarjo dan perwakilan Kejaksaan Sidoarjo.  

Dalam sambutanya,  Anwar Nasir mengatakan jika Quick Respon Center (QRC) adalah ruangan yang dilengkapi puluhan monitor untuk memantau situasi di Kabupaten Sidoarjo.

Monitor tersebut terhubung dengan CCTV yang tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Sidoarjo, tak hanya itu QRS  juga digunakan untuk melakukan pengelolaan Media Sosial (Medsos).  

"Masyarakat dapat menggunakan Medsos untuk melaporkan berbagai keluhan dan kejadian dimasyarakat  dengan menggunakan aplikasi D-S3 berbasis android di HP nya. Semisal kejadian kecelakaan, kebakaran maupun bencana alam. Laporan tersebut nantinya langsung ditindak lanjuti oleh QRC dengan melakukan penanganan secapatnya," katanya.

Lebih jauh, mantan Kapolres Nganjuk ini memaparkan jika QRC juga digunakan sebagai filterisasi pelaporan masyarakat dan melalui aplikasi D-S3 tersebut kinerja anggota kepolisian juga akan terpantau.

"Dari aplikasi D-S3 ini, apabila ada suatu kejadian laporan masyarakat maka akan terlihat siapa saja anggota kepolisian yang paling dekat dengan tempat kejadian atau TKP untuk bergerak cepat melakukan penanganan itu," paparnya.

Anwar Nasir menambahkan, untuk aplikasi untuk internal Polresta Sidoarjo yakni Tactical Game Polri adalah aplikasi bentuk simulasi penanganan suatu kejadian. Game tersebut adalah pembelajaran penanganan kejadian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). 

Sedangkan aplikasi E-Kinerja adalah aplikasi pengisian kinerja anggota Polresta Sidoarjo.

Dengan aplikasi tersebut laporan kegiatan anggota dapat disampaikan secara mudah dan cepat melalui ponsel anggota polisi.

Aplikasi tersebut juga akan menghemat kertas yang selama ini digunakan untuk pelaporan. Selain itu aplikasi E-Kinerja digunakan untuk menentukan besaran tunjangan anggota Polresta Sidoarjo dengan cepat sesuai dengan kinerjanya.

"Aplikasi internal anggota Polresta tersebut semuanya untuk menunjang kinerja kami, tujuanya pasti untuk memberikan pelayanan terbaik untuk Masyarakat Sidoarjo," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES