Peristiwa Nasional

Bandara Blimbingsari Siap Ladeni Penerbangan Banyuwangi-Jakarta

Senin, 12 Juni 2017 - 19:40 | 123.95k
Maket Bandar Udara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Maket Bandar Udara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Landasan Bandar Udara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur telah selesai dipertebal hingga kini memiliki kekuatan 40 Pavement Classification Number (PCN). Hingga kini, landasan bandara yang panjangnya 1800 meter itu siap meladeni landing dan take off pesawat Boeing 737 seri 500 yang termasuk jenis pesawat Boeing klasik terpendek dan CRJ 1000 Bombardier.

Maskapai penerbangan NAM Air yang merupakan member Sriwijaya Air Group, rencananya akan menggunakan Boeing 737 seri 500 untuk penerbangan Banyuwang-Jakarta langsung, yang akan diluncurkan 16 Juni mendatang.

“Insyaallah kita sudah siap 100 persen melaksanakan penerbangan langsung Banyuwangi-Jakarta,” kata Kepala Bandara Blimbingsari Dodi D Cahyadi, Senin (12/6/2017).

Selain pembangunannya yang telah rampung, hasil penebalan PCN landasan juga telah lulus uji tim verifikasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kemeterian Perhubungan.

Tim Verifikasi datang bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) transportasi udara hari Jumat (9/6/2017) untuk memeriksa hasil penebalan PCN.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya telah bertemu otoritas bandara untuk persiapan penerbangan perdana tersebut. Anas meminta agar acara peluncuran penerbangan perdana menghadirkan kebudayaan khas Banyuwangi dan pembacaan sholawat nabi.

“Izinnya sudah terbit kemarin (Rabu (7/6/2017)). Kenapa baru keluar karena ketat perizinannya karena terkait keselamatan penerbangan,” kata Anas.

Bupati Banyuwangi yang tengah menjabat untuk kedua kalinya itu juga mengatakan pembangunan telah selesai, dan bandara Blimbingsari dalam kondisi siap melayani penerbangan langsung Banyuwangi-Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES