Kuliner

Ini Menu Sahur yang Bikin Awet Kenyang 

Selasa, 13 Juni 2017 - 03:19 | 23.87k
ILUSTRASI: Nasi Merah (Foto: Jawa Pos)
ILUSTRASI: Nasi Merah (Foto: Jawa Pos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makan banyak saat sahur sebenarnya bukan jaminan Anda bisa kenyang hingga Maghrib. Sahur dengan menu yang tepat dapat membuat puasa Anda sukses sehari penuh. 

Nutrisionis Jansen Ongko menjelaskan makan terlalu banyak saat sahur justru dapat membebani perut. Akibatnya, gangguan saluran cerna akan mengintai.

"Nah hal itu bisa memicu rasa mual, kembung, muntah bahkan diare. Ini justru membuat tubuh terasa lemas dan kehilangan cairan," ungkap Jansen. 

Hal senada dikatakan oleh Mochamad Aldis Ruslialdi, seorang ahli gizi. Aldis mengatakan jika seseorang ingin memaksimalkan sahur sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki banyak manfaat. Misalnya seperti mengonsumsi banyak serat dan protein.

"Jadi kalau mau sahur yang banyak ya makannya harus bermanfaat. Ini bukan masalah jumlah tapi kualitas makannya," ujarnya.

Ia menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Nasi merah salah satunya Sumber karbo yang baik. Sebab dapat membuat sistem pencernaan lebih maksimal. 

Kurma, selain di sunnahkan oleh Nabi, mengkonsumsi kurma juga dapat membuat kenyang lebih lama. Kurma mengandung tiga jenis gula yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa yanh membuat kadar hula darah Anda tetap stabil. 

Buah dan kacang-kacangan juga sangat dianjurkan dikonsumsi saat sahur. Pilihlah buah yang mengandung air, seperti apel dan pir.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Detikcom

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES