Peristiwa Daerah

Wali Kota Malang Siap Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Senin, 12 Juni 2017 - 16:09 | 22.60k
Wali Kota Malang, HM Anton (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Wali Kota Malang, HM Anton (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wali Kota Malang, HM Anton menyatakan siap dan mendukung Instruksi Presiden No.  1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Selain itu, Anton juga mengaku siap mensosialisasikan gerakan tersebut, pada seluruh masyarakat Kota Malang. 

"Saya juga sudah meminta agar setiap OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Malang selalu mengacu pada instruksi presiden tersebut jika akan melaksanakan program dan kegiatan sesuai dengan tupoksinya masing-masing," kata Anton, dalam keterangan persnya.

Dalam Intruksi Presidennya, Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Kota/Kabupaten untuk mengajak masyarakat turut andil dalam gerakan positif ini, gerakan masyarakat hidup sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sendiri merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan bereprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hiduup. 

Tujuannya, agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan terjaga, produktif, lingkungan bersih, dan biaya untuk berobat berkurang. Seluruh lapisan masyarakat harus turut andil melaksanakan kegiatan ini. 

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur No.  440.7 / 4546 / 201.4 / 2017 tentang Implementasi Instruksi Presiden No.  1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,  maka Pemerintah Kota Malang menetapkan kebijakan dan mengambil langkah - langkah sesuai tugas,  fungsi dan kewenangan masing - masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk mendukung serta mewujudkan gerakan tersebut.

Dalam penerapannya, ada kegiatan yang harus dilaksanakan, yaitu menyediakan dan mengembangkan sarana aktivitas fisik, ruang terbuka hijau public, kawasan bebas kendaraan bermotor, jalur sepeda, dan jalur pejalan kaki yang representative dan aman. 

Masyarakat juga diminta melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayur dan buah, melaksanakan kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), melaksanakan kegiatan yang mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES