Indonesia Positif

Genjot Kunjungan Wisata, Tulungagung Buka ABA

Minggu, 11 Juni 2017 - 06:22 | 255.60k
Wisata Agro Blimbing Asri (ABA) Di Desa Moyoketen Kec. Boyolangu (Foto: ajp.TIMES Indonesia)
Wisata Agro Blimbing Asri (ABA) Di Desa Moyoketen Kec. Boyolangu (Foto: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TULUNGAGUNG – Kabupaten Tulungagung makin menunjukkan eksistensinya di bidang wisata. Setelah banyak mengeksplore wisata alam, kini Kabupaten Tulungagung mempercantik wilayah perkotaan. 

Dengan demikian Keberadaan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Kabupaten Tulungagung makin beraneka ragam. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan dan kemajuan sektor pariwisata daerah.

Saat ini sektor usaha jasa pariwisata di Kabupaten Tulungagung telah mampu memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian daerah. 

Pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tulungagung, selain didukung oleh Pemerintah Daerah, juga adanya dukungan yang kuat dari para pelaku wisata itu sendiri. Misalnya Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) yang saat ini sudah terbentuk kurang lebih 37 kelompok, pelaku biro perjalanan wisata, perhotelan, rumah makan dan restoran, usaha kreatif bidang pariwisata, serta usaha yang bergerak dibidang pariwisata lainnya.

Terkait dengan pembangunan ODTW secara mandiri atau individu juga mulai bermunculan di Tulungagung, dan salah satunya yang akan di launching adalah Agro Blimbing Asri (ABA). ABA ini terletak di desa Moyoketen Kecamatan Boyolangu yang merupakan satu kawasan dengan Agro wisata blimbing.

Untuk menuju kawasan ini, pengunjung dengan mudah dapat menggunakan kendaraan bus, roda empat maupun roda dua karena akses jalan sangat memadai dan kemungkinan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga akan dibangun jalan akses hotmix pada kawasan ini.

ABA sendiri merupakan kebun blimbing yang sudah dirintis oleh Waras yang merupakan pemilik dari kebun ini sejak tahun 1992. Dimana blimbing yang ada di sini memiliki kualitas super karena didukung oleh perawatan tanaman juga kondisi tanahnya.

Menurut Waras, ABA rencananya akan di launching minggu depan, dengan rencana mengambil konsep wisata agro blimbing. Antara lain wisata petik blimbing, wisata kuliner dari blimbing, pembenihan blimbing dan tanaman buah lainnya, penjualan berbagai macam suvenir, dan lainnya. 

Di kawasan ABA ini sendiri sudah di bangun sarana prasarana penunjang yang cukup memadai, ada gazebo, mushola, jalan pendistrian, sarana foto both untuk berfoto selfie, MCK, dan juga fasilitas penunjang lainnya. Rencananya apabila sudah dilaunching nanti untuk jam buka ABA mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 23.00.

Salah satu pengunjung mengatakan bahwa ABA sangat representatif untuk wisata baik bersama keluarga maupun teman, karena suasanya sangat sejuk dan rindang dibawah pohon blimbing, serta didukung akses yang sangat mudah dari pusat Kota Tulungagung. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung melalui Kasi Promosi, Andri Syambudi mengatakan bahwa harapan kedepan wisata agro blimbing ini bisa terkoneksi dengan wisata Kali Ngrowo Water Front. Artinya kedepan mungkin wisatawan yang berkunjung ke Kali Ngrowo dapat menggunakan perahu untuk menuju kawasan agro blimbing. Tentunya kalau bisa dikemas sedemikian rupa, dapat menjadi sensasi wisata yang luar biasa di pusat kota.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES