Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kualitas dan Produksi, Pokja Papua Kunjungi SCOPI

Sabtu, 10 Juni 2017 - 21:42 | 43.04k
Kelompok Kerja (Pokja) Papua melakukan kunjungan ke Sustainable Coffee Platform Indonesia, Jakarta (8/06/2017) lalu. (Foto: Istimewa)
Kelompok Kerja (Pokja) Papua melakukan kunjungan ke Sustainable Coffee Platform Indonesia, Jakarta (8/06/2017) lalu. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kelompok Kerja (Pokja) Papua melakukan kunjungan ke Sustainable Coffee Platform Indonesia. Pertemuan kedua belah pihak dilaksanakan bertepatan dengan rapat kerja Dewan Pengurus SCOPI di Kantor SCOPI, Kuningan, Jakarta (8/06/2017) lalu. 

Kepada TIMES Indonesia, Ketua Pokja Papua, Judith Dipodiputro mengatakan bahwa saat ini kopi merupakan komoditi utama di Papua.

Kendati produksi kopi Papua yang masih tergolong jenis kopi Arabika masih belum optimal, Judith optimistis lewat Tagline "Bangga Menyeduh Kopi Papua" akan meningkatkan pamor kopi Papua di pasar nasional maupun Internasional. 

SCOPI-2zSJs0.jpg

"Saat kopi tengah menjadi komoditi utama di Papua dan meningkatkan peranan kaum laki-laki dimana selama ini secara adat yang mengolah pertanian adalah kaum perempuan," katanya. 

Pokja Papua yang juga didampingi Direktur Perusahaan Perdagangan Indonesia, Trisilo Ary Setiawan berharap SCOPI dapat mendorong produksi kopi rakyat di Papua.

Ia bersama dengan Pokja Papua mengajak SCOPI untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan kopi Papua agar dapat bersaing di pasar dalam negeri maupun mancanegara. 

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus SCOPI, Moenarji menyambut baik ajakan Pokja dan Direktur PPI. Menurut dia, komitmen SCOPI untuk petani kopi Papua akan diwujudkan dengan akan melibatkan petani dan petugas lapangan dari Pemerintah Papua pada pelatihan Master Trainer Kopi Arabica Berkelanjutan pada akhir Agustus 2017.

SCOPI-3IUBp.jpg

"Nanti kita wujudkan di pelatihan Master Trainer Kopi Arabica Berkelanjutan yang akan dilaksnakan bulan Agustus 2017," ujarnya. 

Pada pelatihan tersebut, SCOPI bekerja sama dengan Pemkab Bondowoso Jawa Timur. Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni sangat mendukung program pelatihan dengan menyediakan fasilitas pelatihan dan akomodasi untuk peserta pelatihan yang datang dari seluruh produsen Kopi Arabica. 

"Termasuk Kopi specialty Bondowoso yang punya cita rasa sangat eksotik," tutur Veronica Herlina selaku Direktur Eksekutif SCOPI pada Pokja Papua disela-sela rapat Dewan Pengurus SCOPI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES