Gaya Hidup

Akhir Pekan Jangan Tidur Melulu, ini Bahayanya!

Sabtu, 10 Juni 2017 - 07:14 | 40.10k
ILUSTRASI - bahaya kebanyakan tidur (Foto: The Spruce)
ILUSTRASI - bahaya kebanyakan tidur (Foto: The Spruce)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seakan balas dendam setelah lima hari sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Saat tiba akhir pekan Anda malas-malasan untuk beranjak dari tempat tidur. Bahkan Anda bisa seharian menghabiskan waktu untuk tidur? 

Jika iya, sebaiknya kebiasaan itu harus segera ditinggalkan. Sebab berdasarkan studi terbaru dari Online Suplement of The Journal Sleep, kebiasaan tidur berlama-lama saat akhir pekan bisa menyebabkan social jet lag. Kondisi ini berdampak pada menurunnya kesehatan, mood, dan stamina yang buruk.

Peneliti menemukan setiap jam tidur di luar rutinitas tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sampai 11 persen.

Peneliti dari Universitas Arizona, Sierra B. Forbush, mengatakan bahwa tidur yang teratur memiliki peran signifikan pada kesehatan.

“Jadwal tidur yang teratur mungkin bisa menjadi salah satu pencegahan penyakit jantung yang efektif, relatif sederhana dan murah,” kata Forbush.

Studi yang dilakukan Forbush itu mengambil sampel 984 orang dewasa yang diwawancara seputar rutinitas tidur, diet dan lingkungan sekitar.

Penelitian lain dari The Nurses Health Study juga menunjukkan soal efek buruk kelamaan tidur. Namun, masalah ini lebih banyak terjadi pada wanita. Mereka yang tidur 9-11 jam setiap malam lebih mungkin mengalami penyakit jantung koroner 38 persen lebih tinggi dibanding dengan yang tidur 8 jam.

Jadi masih mau tidur seharian di akhir pekan? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : National Geographic

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES