Peristiwa Daerah

Gelar Ngabuburit Asyik, PT BSI, Tanam Cemara Laut di Pulau Merah

Jumat, 09 Juni 2017 - 22:26 | 51.62k
Jajaran manajemen PT BSI saat ngabuburit asyik tanam pohon dan bersih-bersih pantai Pulau Merah, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Jajaran manajemen PT BSI saat ngabuburit asyik tanam pohon dan bersih-bersih pantai Pulau Merah, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Acara ngabuburit asyik digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI), dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup sedunia. Bersama Forpimka, masyarakat, Perhutani dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) wisata.

Operator tambang emas Gunung Tumpang Pitu tersebut melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai Pulau Merah, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Acara diawali dengan ramah tamah seluruh hadirin. Lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh pihak manajemen PT BSI dan seluruh jajaran Forpimka.

PT-BSI-2ZJxaI.jpgPenyerahan bantuan tempat sampah oleh PT BSI kepada Pokmas wisata pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Senior Manager External Affairs PT BSI, Bambang Wijonarko menjelaskan, ngabuburit asyik tanam pohon bertema 'Conecting People to Nature' ini digelar sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan. Serta bukti dukungan PT BSI terhadap program Sedekah Oksigen yang getol digaungkan oleh Bupati Abdullah Azwar Anas.

"Bumi kita hanya satu, maka kita wajib menjaganya," ucapnya kepada wartawan sesaat usai acara, Jumat (9/6/2017).

Untuk jenis pohon, kali ini yang ditanam adalah Cemara Laut. Pohon bernama latin Casuarina Equisetifolia tersebut memang paling cocok dengan habitat alam pantai. Akarnya yang kokoh mampu bertahan dari hempasan ombak.

Disebutkan, pohon yang ditanam adalah hasil pembibitan dari Departemen Environmental PT BSI. Dengan kata lain, agenda ini adalah wujud nyata kepedulian perusahaan pada alam sekitar. Terlebih penanaman pohon memang sudah beberapa kali dilakukan oleh PT BSI. Diantaranya diwilayah pesisir Lampon dan Purwoharjo.

"Selain cemara laut, kita juga melakukan pembibitan pohon jambu, duwet, nangka, salam dan lainya, selanjutnya akan kami tanam disekitar wilayah operasi tambang," pungkas Bambang Wijonarko.

Sementara itu, Asper KB PH Sukamade, Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, Sukirno selaku pemangku wilayah pantai Pulau Merah mengatakan, usai penanaman simbolis, pihaknya bersama PT BSI akan melakukan tanam pohon Cemara Laut sebanyak 4 ribu batang. Lokasi tersebar diarea pesisir seluas 25 hektar.

"Selain itu kita juga akan melakukan poengayaan atau tambal sulam penanaman pohon didaerah Rawa Jambe," katanya.

Camat Pesanggaran, Hardiyono, menyambut baik kegiatan operator tambang emas Gunung Tumpang Pitu ini. Dia berharap berbagai kegiatan positif bisa terus dilakukan PT BSI. Dan untuk memaksimalkan pencapaian program, Hardiyono, meminta sinergitas perusahaan, Pemerintah Desa serta Kecamatan agar terus ditingkatkan.

"Jika perlu dibentuk Forum CSR (Corporate Social Responsibility) tingkat Kecamatan, sehingga sinergitas benar-benar tertata," ucap Camat.

Acara Ngabuburit Asyik tanam pohon ini ditutup dengan bersih-bersih pantai Pulau Merah dan penyerahan bantuan tempat sampah kepada Pokmas wisata setempat. Selain Senior Manager External Affairs, Bambang Wijonarko beserta jajaran, agenda tanam pohon Cemara Laut dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia yang peringati setiap D Juni, juga diikuti Forpimka, Pusat Latihan Marinir Lampon, Perhutani, serta masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES