Peristiwa Daerah

Sahabat RPK Bulog, Peluang Wirausaha Untung Tanpa Buntung

Kamis, 08 Juni 2017 - 18:55 | 170.68k
Suasana Rumah Pangan Kita (RPK) yang berbeda di depan kantor Bulog Divisi Regional Banyuwangi. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Suasana Rumah Pangan Kita (RPK) yang berbeda di depan kantor Bulog Divisi Regional Banyuwangi. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabar gembira bagi anda yang berminat berwirausaha. Bulog memiliki program yang menawarkan peluang usaha menguntungkan dan jauh dari kata buntung. Yakni Rumah Pangan Kita (RPK). Bagaimana, anda tertarik?.

Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi, Raden Guna Dharma menjelaskan, RPK adalah kios pangan binaan Bulog yang menyediakan berbagai bahan pangan, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung, bawang merah, bawang putih dan lainya.

“Ke depan ada 11 komoditi pangan yang disediakan di RPK, jagung, kedelai dan daging juga ada nanti,” katanya, Kamis (8/6/2017).

RPK merupakan salah satu usaha Bulog dalam mencegah terjadinya permainan harga dipasaran. Karena RPK bisa dibentuk dalam tiap Rukun Warga (RW) atau melayani sedikitnya 300 Kepala Keluarga (KK). Dengan kata lain, RPK adalah peluang wirausaha baru bagi masyarakat dengan memanfaatkan ruang kosong dirumah.

Kenapa RPK disebut usaha yang jauh dari kata buntung, Awang, sapaan akrab Raden Guna Dharma menegaskan. Seluruh dagangan bahan pangan, akan dipasok langsung oleh Bulog. Termasuk harga jual, ditentukan oleh Bulog yang pastinya berada di bawah harga umum dipasaran.

“Jadi RPK tinggal order, barang diantar oleh Bulog dengan tanpa biaya tambahan serta selisih pembelian dan penjualan, murni menjadi keuntungan RPK,” ungkap pria yang juga anggota Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Banyuwangi ini.

Raden-Guna-Dharma-kepala-bulog-banyuwangiSyamsulbF58B.jpgKepala Bulog Sub Divre Banyuwangi, Raden Guna Dharma. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Berminat menjadi pengelola RPK atau yang disebut Sahabat RPK? Caranya cukup mudah, cukup menyerahkan Surat Keterangan Domisili, foto kopi kartu identitas dan uang belanja awal sebesar Rp 2 juta. Uang tersebut oleh Bulog akan diganti barang dagangan bahan pangan sesuai keinginan pemohon.

“Mendaftar bisa ke kantor Bulog Sub Divre Banyuwangi, cq Kasie Komersial, bu Christina Kabiarti, 08128262177,” jelas Kabulog Banyuwangi.

Saat sudah menjadi Sahabat RPK, lanjut Awang, akan ada banyak keuntungan yang didapat oleh peserta program kerjasama dengan Bank BNI ini. Diantaranya, Sahabat RPK akan mendapat alat khusus dari BNI yang bisa digunakan dalam melayani pembayaran rekening listrik dan pembelian pulsa.

Dan kedepan, alat ini digunakan untuk pembayaran transaksi bagi warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Seperti yang sudah dijalankan di Jember, Malang, Sidoarjo dan lainya.

“Ada lagi, saat penjualan bagus, minimal 2 sampai 3 kali reorder dalam 1 bulan, saat mengajukan kredit ke Bank BNI, akan menjadi pertimbangan khusus,” pungkas Raden Guna Dharma.

Sekadar diketahui, tahun 2017, Bulog Sub Divre Banyuwangi, menargetkan mampu mendirikan 617 RPK. Dan saat ini, yang sudah terbentuk sebanyak 221 RPK. Anda tertarik?, buruan mendaftar, jangan sampai kalah cepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES