Ekonomi

TPID Kota Batu: Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Rabu, 07 Juni 2017 - 18:51 | 20.27k
Pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Batu, Rabu (7/6/2017) (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Batu, Rabu (7/6/2017) (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Batu terpantau relatif stabil. Demikian hasil pantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batu, Rabu (7/6/2017) di Pasar Besar Batu.

TPID memantau sejumlah kebutuhan pokok seperti daging sapi, daging ayam, minyak goreng, beras, dan telur ayam.

Harga daging ayam berada pada kisaran Rp 35 ribu per kilogram. Untuk minyak goreng, relatif stabil pada harga Rp 12 ribu per liter. Demikian pula harga beras berkisar antara Rp 9 ribu-Rp10 ribu  per kilogram.

Sementara, harga daging sapi Rp 115 ribu per kilogram untuk grade premium. Sedangkan grade KW 1 berkisar antara Rp 105 ribu - Rp 107 ribu per kilogram.

Ketua TPID Kota Batu, Andhang Budhy Harsa mengatakan, kegiatan pemantauan ini untuk mengantisipasi gejolak harga sejumlah bahan pokok dan melihat stabilisasi harga pangan.

Menurutnya, harga terpantau relatif stabil dan pasokan masih aman. Hal membedakan hanya pada tingkat konsumsi yang meningkat. 

"Konsumsi rumah tangga meningkat, konsumsi warung restoran hotel turun untuk kebutuhan pokok," terangnya.

Melihat kondisi ini, pihaknya tidak akan menggelar operasi pasar, tetapi mengadakan pasar murah. Kegiatan pasar murah akan dilakukan pada 12 hingga 15 Juni 2017 mendatang.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau kepada para pedagang untuk tidak menaikkan harga konsumsi agar daya beli masyarakat tetap bagus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES