Peristiwa Nasional

Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Meningkat

Rabu, 07 Juni 2017 - 20:15 | 23.55k
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dan Sekjen Kemenag, Nur Syam (Foto: kemenag)
Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dan Sekjen Kemenag, Nur Syam (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama berharap indeks kepuasan jemaah haji tahun ini bakal meningkat hingga dua persen sehingga masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Harapan itu disampaikan Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) yang juga Sekjen Kemenag, Nur Syam. Menurutnya, hasil survei BPS tentang indeks kepuasan jemaah haji 2015 sebesar 82,67% dan naik 1,16% pada 2016 menjadi 83.83% atau di kategori memuaskan.

"Kalau bisa naik 2%, kita sudah bisa memasuki kategori sangat memuaskan yaitu 85%. Kalau bisa naik 2%, ini luar biasa karena layanan haji kita sudah sangat memuaskan," ucapnya.

Nur Syam mengapresiasi upaya Direktorat Layanan Haji Luar Negeri dalam mempersiapkan pelayanan jemaah di Arab Saudi. Sosialisasi terkait layanan juga perlu dilakukan agar jemaah bisa memahami lebih dini hal-hal yang akan mereka dapat selama di Tanah Suci.

Meski demikian, ia menggarisbawahi pentingnya perbaikan dan reaksi cepat terhadap sektor-sektor layanan yang masih dalam persiapan, utamanya terkait dengan pengurusan dokumen jemaah dan paspor.

Menurutnya, ada sejumlah provinsi yang proses penyelesaian paspornya masih di bawah 50% dan karenanya harus dilakukan akselerasi mengingat kloter pertama sudah akan diberangkatkan sekitar 50 hari ke depan.

Selain itu, Nur Syam juga mengingatkan pentingnya peta masalah dan prediksi problem. "Belajar dari tahun 2015, pada saat semua terkonsentrasi pada peningkatan layanan, justru muncul masalah visa. Hal semacam ini perlu diantisipasi sehingga tidak terulang kembali," sambungnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES