Kuliner Marhaban Ya Ramadhan

Begini Ngabuburit dan Bazar Ala Warga Binaan Lapas Sidoarjo

Selasa, 06 Juni 2017 - 20:23 | 51.84k
Warga binaan saat mengikuti kegiatan Ngabuburit dan Bazar di Lapas Kelas IIA Sidoarjo. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Warga binaan saat mengikuti kegiatan Ngabuburit dan Bazar di Lapas Kelas IIA Sidoarjo. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di bulan Suci Ramadhan tahun ini, lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Sidoarjo, membuat program Ngabuburit dan Bazar Ramadhan yang di ikuti warga binaan (narapidana red) Lapas Sidoarjo.

Selain Bazar, kegiatan yang digelar di lapangan Lapas itu juga menampilkan penampilan group Band Musik, Olahraga Voli, futsal yang semuanya dilakukan oleh warga binaan.

"Kegiatan ngabuburit dan Bazar ini baru kami lakukan tahun ini. Para Binaan ini  belanja memakai uang mereka sendiri, masak sendiri, dan dijual sendiri kepada warga binaan, tentu dengan pendampingan dan pengamanan petugas kami," kata Kalapas Sidoarjo, Bambang Irawan, Selasa (6/6/2017).

Lebih jauh, Bambang memaparkan jika kegiatan ngabuburit seperti penampilan grop band, olahraga itu sudah sejak tahun lalu digelar, untuk bazar baru tahun ini dilakukan.

Kegiatan tersebut dilakukan agar warga binaan merasa nyaman saat berada di Lapas Kelas IIA Sidoarjo ini.

bazar-lapas-2PTfx1.jpg

"Kegiatan ini untuk mengisi waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa, dengan kegiatan seperti ini kami harap warga binaan bisa nyaman dan bisa menghilangkan rasa jenuh mereka," paparnya.

Bambang menegaskan, jika kegiatan ini digelar selama bulan Ramadhan sebulan penuh. Pihaknya berharap dengan diberikanya fasilitas kepada warga binaan tersebut bisa membuat mereka lebih mempererat hubungan kekeluargaan antar narapidana.

"Kami akui, Lapas over kapasitas, jadi dengan adanya kegiatan seperti ini warga binaan kami bisa saling menjaga hubungan baik atau menjaga persaudaraan antar napi, apalagi ini bulan suci," harapnya.

Sementara itu, Lely salah satu wanita warga binaan yang tersangkut kasus narkoba kepada wartawan mengaku mengapresiasi dan senang dengan diadakanya kegiatan ngabuburit dan bazar tersebut.

"Walau kita didalam lapas, kita bisa menikmati dan merasakan bazar takjil seperti yang ramai dibulan ramadhan diluaran sana (luar lapas red). Semoga kegiatan seperti ini bisa dilakukan setiap tahun, agar ramadhan dilapas seperti ramadhan di luar lapas," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES