Kuliner Marhaban Ya Ramadhan

Broccoli Cheese Crepes Solusi Anak Susah Makan Sayur

Rabu, 07 Juni 2017 - 08:26 | 58.34k
Broccoli & Cheese Filled Crepe Recipe. (Foto: Archana's Kitchen)
Broccoli & Cheese Filled Crepe Recipe. (Foto: Archana's Kitchen)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anak susah sekali makan sayur. Padahal sayur dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi anak di masa tumbuh kembangnya. Terlebih pada saat puasa. Tentunya tubuh memerlukan nutrisi lebih agar daya tahan tubuh tetap prima. 

Segala cara telah dilakukan ibu untuk membuat anak makan sayur. Nah bagaimana  dengan cara yang lebih menarik? 

Crapes biasanya disukai anak-anak, rasanya yang manis gurih dan teksturnya yang kriuk membuat anak tak bisa berhenti makan kudapan ini.

Kali ini crapes akan digabungkan dengan brokoli sebagai asupan sayurannya. Brokoli mengandung berbagai manfaat, baik bagi kesehatan mata, antioksidan, menjaga sistem pencernaan dan membantu meningkatkan sistem imun anak. 

Berikut resepnya yang bisa Anda coba di rumah

Bahan-bahan:

Kulit crepes:

2 butir telur¼ cangkir air6 sendok makan tepung terigu½ sendok teh garam

Isi:

2 sendok makan bawang merah cincang1 sendok makan mentega1 sendok makan tepung terigu1 cangkir susu1 cangkir keju cheddar parut1 sendok teh mustard1 sendok teh saus tomat¼ sendok teh merica (jika tidak suka pedas boleh tidak digunakan)Garam sesuai selera2 cangkir brokoli cincang

Cara membuat:

1. Untuk kulit crepes, campurkan telur, air, tepung dan garam ke dalam blender dan proses hingga halus dan diamkan selama 15 menit

2. Untuk isian, panaskan mentega dan tumis bawang merah hingga harum. Tambahkan tepung dan susu kemudian aduk perlahan. Lalu masak dengan api sedang selama 2 menit.

3. Kecilkan api dan masukkan keju, mustard, saus tomat, merica, garam dan aduk hingga keju meleleh. Tambahkan brokoli dan tutup panci hingga brokoli empuk. Jika brokoli sudah empuk, matikan api lalu dinginkan.

4. Panaskan teflon anti lengket di atas api kecil, tuangkan adonan kulit di tengah-tengah, angkat teflon dan miringkan wajan hingga adonan merata ke seluruh permukaan teflon. Masak hingga bagian bawah terlihat kering kemudian balikkan. 

5. Ulangi cara tersebut untuk adonan selanjutnya hingga semua adonan crepes habis.

6. Letakkan kulit crepes di atas piring, tambahkan adonan isi sesuai selera di atas kulit crepes, kemudian gulung dan tata di atas loyang pemanggang. Jangan lupa untuk menaburkan sedikit keju di atasnya.

7. Panggang crepes pada suhu 350 derajat Celcius selama 5-7 menit atau sampai keju meleleh dan siap untuk dihidangkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES