Kuliner

Ini Mie Pendalungan Probolinggo yang Bikin Badan Hangat

Rabu, 07 Juni 2017 - 00:38 | 223.38k
Mie Pendalungan Probolinggo yang bikin badan terasa hangat (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Mie Pendalungan Probolinggo yang bikin badan terasa hangat (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bicara kuliner Probolinggo, rasanya tak lengkap bila belum mencicipi Mie Pendalungan. Sesuai namanya, kuliner ini merupakan perpaduan antara Mie Jawa dan Mie Madura.

Salah satu warung yang menyediakan kuliner ini, adalah Kedai Wahyu Barokah, di Jl Brantas, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Mie Pendalungan, dijual bersama Mie Hongkong, Mie Aceh dan aneka mie lainnya.

Pada Mie Pendalungan, yang menonjol adalah rempah-rempah seperti jinten, pala dan lada. Mie ini berciri khas pedas. Tapi bagi anda yang tak suka pedas, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa menikmatinya dengan pemesanan khusus.

Ciri khas pedas pada mie ini, akan membuat badan hangat. Kondisi ini, dirasa cocok saat musim angin, atau dilahap saat malam. Dengan cita rasa itu, tak heran bila Mie Pendalungan punya banyak penikmat.

Salah satunya, Habib Hadi Zainal Abidin. Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin ini bahkan terbiasa menikmati Mie Pendalungan. "Saya ke sini biasanya setelah shalat tarawih," katanya setelah menyantap mie.

Hadi mengaku, dirinya sudah berlangganan Mie Pendalungan ini. "Rempah dan bumbunya yang membuat badan hangat, membuat saya nyaman dan ketagihan," ujar pria yang juga anggota DPR-RI ini.

Penjual Mie Pendalungan, Singgih, mengatakan, omzet penjualannya naik dua kali lipat selama Ramadhan ini. "Mie ini merupakan peninggalan leluhur. Saya yang melanjutkan," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES