Peristiwa Nasional

Bagaimana Puasa Bisa Menambah Sehat? Ini Jawabnya

Selasa, 06 Juni 2017 - 08:11 | 35.70k
Intelektual muda NU Mukhlas Syarkun (Grafis: TIMES Indonesia)
Intelektual muda NU Mukhlas Syarkun (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, . – Nabi bersabda; “Puasalah, maka kamu akan sehat.” Sabda nabi ini memberi pesan yang sangat jelas bahwa puasa memberi efek positif terhadap aspek kesehatan.

Syaikh Mounuddin Chisty dalam karyanya The Healing of Sufi mengakui bahwa puasa di samping untuk mejaga kesehatan, juga merupakan pengobatan tertua yang dikenal dalam dunia pengobatan.

Ibnu Sina yang dikenal sebagai peletak dasar ilmu pengobatan modern juga mengakui puasa bisa digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit. Belakang ini para pakar perubatan modern juga mengakui keampuhan puasa untuk menjaga kesehatan dan terapi penyembuhan.

Kesehatan yang dimaksud tidak hanya dalam kesehatan fisik, tetapi menjangkau pada kesehatan rohani. Prof Zakiah Derajat, pakar psikologi pendidikan, membenarkan bahwa puasa memberi kesan positif bagi perkembangan kesehatan mental.

Kesehatan nikmat yang sangat besar, tetapi cepat dilupakan. Demikian nabi mengingatkan. Imam Ghazali menyatakan bahwa kesehatan fisik menjadikan hidup terasa lebih menyenangkan, sedangkan kesehatan rohani menjadilan batin lebih tenang.

Betapa pentingnya kesehatan sehingga manusia rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Setiap negara menyediakan anggaran besar untuk menjaga kesehatan warganya.

Ketika hilang kesehatan, maka akan hilang kekuatan. Ketika berkurang kesehatan, maka berkurang pula ghairah kehidupan.

Imam Ghazali yang membuat konsep tingkatan puasa. Relevan dengan konsep kesehatan dalam puasa. Jika puasa hanya sekadar tidak makan dan tidak minum, maka ia hanya memberi dampak pada kesehatan fisik saja. Tak mampu menjangkau kesehatan rohani.

Sehat jasmani dan rohani hanya dicapai dengan puasa khusus atau khususul khusus. Semoga puasa kali ini mampu meningkatkan kualitas puasa kita sampai pada tahap khusus dan bahkan khususul khusus. Sehinggga mendapat hikmah kesehatan yang sempurna yaitu kesehatan jasmani dan juga rohani. Aamiiin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES