Gaya Hidup Marhaban Ya Ramadhan

Sehat Selama Puasa, Hindari Kebiasaan Ini

Senin, 05 Juni 2017 - 10:03 | 47.02k
ILUSTRASI. Makanan tidak sehat. (Foto: Info Sehat)
ILUSTRASI. Makanan tidak sehat. (Foto: Info Sehat)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk pencernaan. Namun manfaat ini tidak akan diperoleh jika Anda memiliki kebiasaan makan yang buruk di bulan puasa. Kesalahan dalam memilih makanan berbuka dan sahur, malah dapat menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari Hello Sehat.

1. Berbuka dengan makanan berminyak dan mengandung banyak gula
Makanan yang mengandung minyak tinggi sulit dicerna oleh tubuh, terutama jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebaiknya Anda mengganti makanan berminyak dengan makanan yang lebih sehat agar pencernaan tetap sehat selama puasa. Makanan atau minuman manis akan lebih cepat dicerna, dan hal itu akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar. Gunakan pemanis alami seperti madu atau gula dari tebu atau makanlah buah-buahan untuk pengganti makanan atau minuman manis.

2. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat saat sahur
Karbohidrat akan berubah menjadi gula dan akan bereaksi pada tubuh Anda setelah Anda selesai makan. Mengandalkan makanan karbohidrat olahan untuk energi, terutama saat sahur, dapat menyebabkan lonjakan insulin dan kenaikan berat badan, terutama di sekitar hulu hati. Jika Anda memakan karbohidrat, akan sangat baik untuk mengimbanginya dengan makanan kaya akan protein. 

3. Langsung tidur setelah sahur
Langsung tidur setelah sahur dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Tubuh harus bekerja keras mencerna makanan saat tubuh berada dalam mode istirahat. Bahkan jika Anda tidak benar-benar tidur, sekadar berbaring di atas kasur atau sofa setelah makan saja bisa memicu gejala maag. Maag disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, yang kemudian naik ke dada, bahkan ke tenggorokan.

4. Melewatkan sahur
Melewatkan sahur dapat menyebabkan dehidrasi, bau mulut, dan masalah pencernaan. Bangun untuk sahur dan makan yang cukup akan memberi tubuh Anda energi hingga tengah hari. Makanan yang masuk saat sahur akan membantu tubuh Anda untuk mendapatkan nutrisi selama beberapa jam ke depan.

5. Makan terlalu banyak
Banyak orang makan dengan porsi besar saat berbuka dan sahur. Sebenarnya kebiasaan ini harus ditinggalkan. Berlebihan makan saat buka dan sahur, terutama yang mengandung karbohidrat dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti muntah, diare, dan radang perut.

6. Mengonsumsi minuman berkafein
Minum teh atau kopi saat sahur akan mengakibatkan dehidrasi dan cepat menimbulkan rasa lapar. Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat menyebabkan sakit kepala. Dr. Abed mengatakan bahwa orang yang berpuasa harus mengisi tubuhnya dengan air putih saat sahur maupun ketika berbuka untuk mengurangi dehidrasi. Namun, terlalu banyak minum air juga tidak baik, karena akan mencairkan asam lambung, menyebabkan kembung dan mengganggu pencernaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES