Pendidikan

112 Siswa SD di Gresik Jalani Ujian Hafalan Al-Quran

Minggu, 04 Juni 2017 - 14:38 | 26.55k
Suasana Imtihan Tahfidzul Quran di SD Muhammadiyah 2 GKB, Gresik. (Foto: Mohammad Zaini/TIMES Indonesia)
Suasana Imtihan Tahfidzul Quran di SD Muhammadiyah 2 GKB, Gresik. (Foto: Mohammad Zaini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 112 siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 2 GKB, Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjalani Imtihan (ujian) hafalan Al Quran di Aula sekolah setempat, Sabtu, (3/6/2017).

Uji hafalan dalam kegiatan pondok Ramadhan tersebut dibagi dalam 3 kategori, yaitu Jayyid bagi yang menghafal juz 30, Jayyid Jiddan bagi yang menghafal Juz 29 dan 30 serta Mumtaz bagi yang menghafal Juz 28,29 dan 30. Ujian hafalan tersebut dipimpin tim munaqisy (penguji).

Menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 GKB, M. Nor Qomari, kegiatan Imtihan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan pelajaran Al Qur'an di kelas serta program ekstrakurikuler tahfidzul qur'an.

"Alhamdulillah, dengan jerih payah akhirnya anak-anak berhasil menghafal 3 juz ketika akan lulus dari SD Muhmmdiyah GKB 2 ini," ujarnya, Minggu (4/6/2017.)

Metode hafalan yang digunakan sambung Nor Qomari adalah selalu memuroja'ah (mengulang-ulang) hafalan setiap awal pelajaran dan setiap pelajaran al-Qur'an. "Jadi, setiap hari anak-anak memuroja'ah hafalannya minimal 4 kali," jelasnya.

Menurut Nor Qomari, metode yang digunakan dalam mempelajari dan membaca Al-Quran adalah metode tajdid yang kurikulumnya sudah dibakukan oleh pimpinan wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

"Kita berharap dari kegiatan ini akan muncul generasi qur'ani yang dapat dijadikan teladan bagi anak-anak seumurnya secara khusus," ujarnya penuh harap.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES