Kuliner Marhaban Ya Ramadhan

'Permen Si Ceker' Menu Takjil untuk Si Kecil

Minggu, 04 Juni 2017 - 02:07 | 98.60k
Permen Si Ceker, karya siswa SMA Mazraatul Ulum, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Eni Mariyana, Sabtu (3/6/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Permen Si Ceker, karya siswa SMA Mazraatul Ulum, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Eni Mariyana, Sabtu (3/6/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjalankan ibadah puasa bersama keluarga merupakan momen yang paling dinantikan. Namun, bagaimana memberikan motivasi agar buah hati agar senantiasa semangat berpuasa yang telah memasuki hari ke delapan ini ya?

Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil termotivasi bisa tetap berpuasa. Mempersiapkan hadiah manis berupa aneka takjil berbuka puasa untuk si kecil yang sedang menjalankan ibadah puasa, adalah salah satunya, lho !

Sebab, jika sedang puasa begini, saat berbuka tentu menjadi waktu yang paling dinanti-nantikan, apalagi oleh si kecil yang sedang belajar berpuasa juga. Nah, agar si kecil semakin bersemangat untuk belajar puasa, satu di antara referensi menu takjil yang dapat memikat hati anak-anak disukai anak-anak, yakni Permen Si Ceker.

“Kita berinovasi untuk membuat olahan permen yang dinikmati semua kalangan, terutama anak-anak kecil, di dalam permen ini kandungan vitaminnya banyak, jadi yang mengkonsumsi sehat dan tidak kekurangan gizi,” kata siswi SMA Mazraatul Ulum, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Eni Mariyana, Sabtu (3/6/2017).

Lebih jauh, Ia membeberkan, permen si ceker ini merupakan hasil inovasi bersama dua rekannya, Nur Khumairoh Jannah dan Dani Wahyu Arist, yang memodifikasi ceker ayam menjadi permen yang menarik hati. Dibuat bentuk dan cita rasa permain sebagai cara meningkatkan nafsu makan si kecil yakni lewat tampilan sajian makanan yang disukainya.

“Ide awal, karena sangat melimpahnya ceker ayam desa kami, kami memilih menjadikannya permen supaya disukai anak-anak kecil,” ucapnya.

Menurut Eni, untuk membuat permen si ceker ini tak sulit. Ia dan rekannya hanya perlu menyiapkan ceker ayam, sayur-sayuran, buah-buahan, gula dan, jelly.

“Ceker ayam kita presto dulu, kemudian semua bahan di blender, lalu dicampur dengan ceker ayam, dan direbus dengan gula dan jelly, setelah mendidih dinasukkan jadi satu, dan dimasukkan dalam cetakan,” ujarnya.

Paska itu, sambung Eni, adonan yang telah dingin dan sudah jadi tersebut tinggal dipotong-potong sesuai selera atau dengan bentuk lucu yang bisa menggoda hati si kecil. “Kemudian dikeringkan,” tuturnya.

Produk yang mengantarkan SMA Mazraatul Ulum, Kecamatan Paciran, menjadi juara pertama Business Plan Competition se-Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), bisa menjadi daya tarik sebagai hadiah atau reward si kecil bila mampu berpuasa Ramadhan penuh seharian.

Yah, hadiah ini sebagai daya tarik anak untuk belajar berpuasa dan sekaligus meWanjadi ajang berkumpul buka puasa bersama keluarga. Soal harga si ceker yang merupakan kuliner alternatif yang bisa dibilang cocok untuk anak, anda tak perlu khawatir, harga di ceker tak sampai menguras isi kantong.

“Kita jual cuma 2000 rupiah satu kotak,” kata Eni menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES