Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Menaker Hanif Dhakiri dapat Kado Istimewa dari Bupati Bondowoso

Jumat, 02 Juni 2017 - 23:17 | 56.16k
Penyerahan kado berupa buku \
Penyerahan kado berupa buku \"Bondowoso Republik Kopi\" dari Bupati H Amin Said Husni kepada Menaker Hanif Dhakiri. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mendapat kado istimewa dari Bupati Bondowoso H Amin Said Husni berupa buku "Bondowoso Republik Kopi". Kado istimewa ini disampaikan saat kunjungan Menteri Hanif ke Bondowoso, Jawa Timur,Jumat (2/6/2017).

Pada kesempatan itu, Amin Said menyampaikan bahwa buku "Bondowoso Republik Kopi" menceritakan bagaimana histori kopi Bondowoso dari zaman kolonialisme hingga pada program Pengembangan Kluster Kopi Rakyat yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan melibatkan lima pihak yakni Perhutani, Asosiasi Petani Kopi (APEKI) Bondowoso, Puslitkoka Indonesia, Bank Jatim dan Bank Indonesia.

"Buku ini lengkap menceritakan bagaimana proses perjalanan kopi Bondowoso dan saya berikan khusus hari kepada pak Menteri Hanif Dhakiri," ujar Amin. 

Pemkab Bondowoso memilih mengembangkan kopi dikarenakan potensi kopi Bondowoso sangat layak untuk bersaing di pasar kopi dalam dan luar negeri. Selain itu, sektor kopi juga dapat menyerap banyak tenaga kerja dan diharapkan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

"Potensi Bondowoso adalah disektor pertanian. Oleh karena itu kami kembangkan dan saya berharap dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," tambahnya. 

Sementara itu, Hanif mengakui jika kopi Bondowoso tidak ada tandingan. Cita rasa kopi Bondowoso khas. Bahkan, ia meminta dua varian rasa yakni espresso dan capuccino, "Saya betah kalau ngobrolnya sambil minum kopi Bondowoso," kata Hanif. 

Didampingi Sekretaris Daerah H Hidayat, Bupati Amin Said Husni menyerahkan buku "Bondowoso Republik Kopi" secara simbolis kepada Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang juga didampingi oleh Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh. 

Nihayatul yang merupakan anggota DPR RI dari Dapil 3 meliputi Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi juga akan berupaya maksimal membantu pengembangan sektor pertnian dan perkebunan di Kabupaten Bondowoso khususnya pada kopi. 

Sebagai informasi, kunjungan Hanif Dhakiri ke Bondowoso adalah untuk memberikan arahan tentang Arah Kebijakan Ketenagakerjaan di Indonesia dan mengukuhkan Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES