Pendidikan

Pemda Harus Libatkan Perguruan Tinggi untuk Susun Kebijakan

Jumat, 02 Juni 2017 - 22:02 | 34.03k
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Foto: Setkab)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (Foto: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajaran pemerintah daerah melibatkan perguruan tinggi dalam mengambil keputusan politik pembangunan. 

Tjahjo mengatakan, kampus memiliki peranan strategis dalam membangun bangsa. Karena itu, setiap pengambilan kebijakan politik pembangunan daerah, pemerintah daerah (Pemda) wajib hukumnya  bersinergi dengan perguruan tinggi setempat.

"Perguruan tinggi adalah mitra strategis pemerintah dan Pemda provinsi, kabupaten dan kota khususnya," ujar Tjahjo dalam pesan teks, Jumat (2/6/2017).

Kata dia, perguruan tinggi ini tak hanya berhubungan dengan mahasiswa, tapi juga berbagai disiplin ilmu dengan berbagai kegiatan diajarkan di sana. Kampus-kampus ini juga dinilai bisa lebih menyatu dengan semua elemen masyarakat.

"Makanya, dalam Musrenbang dan penelitian-penelitian di daerah, Pemda diwajibkan membangun sinergi dengan perguruan tinggi setempat," paparnya. 

Tjahjo menambahkan, keterlibatkan perguruan tinggi ini, diharapkan secara kritis dan konseptual dapat memberi masukan kepada Pemda, terlebih dalam proses penyusunan RPJMD, perencanaan anggaran, dan Perda. 

"Serta dapat ikut mengawasi secara komprehensif, kritis terkait kebijakan Pemda. Ini yang Kemendagri ingin membangun sinergitas dengan Perguruan Tinggi," tutup Tjahjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES