Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Akuntansi Forensik Mencuri Perhatian FE UWG

Jumat, 02 Juni 2017 - 10:51 | 63.47k
Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang (UWG) menggelar kuliah lapang ke UTM (Universitas Trunojoyo Madura),Rabu (31/5/2017). (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang (UWG) menggelar kuliah lapang ke UTM (Universitas Trunojoyo Madura),Rabu (31/5/2017). (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 60 mahasiswa Program Studi  Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama Malang (UWG) menggelar kuliah lapang ke UTM (Universitas Trunojoyo Madura), Rabu (31/5/2017). Kuliah lapang ini adalah bagian dari kuliah mata kuliah Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik. 

Dalam kunjungan ini dilakukan diskusi dengan tema “Isu-Isu Seputar Akuntansi Forensik” yang bertempat di Aula Grahautama UTM. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dekan FEB UTM, Kajur Akuntansi UTM dan UWG, dosen-dosen UTM dan UWG. Pembicara kuliah lapang ini adalah Anita Carolina, dosen UTM. Akuntansi forensik merupakan bidang yang paling menonjol di jurusan akuntansi UTM.

UWG-AJP-2RfODP.jpg

"Akuntansi Forensik adalah perpaduan antara ilmu akuntansi, hukum, psikologi, sosiologi, dan IT yang diterapkan untuk mengumpulkan barang bukti yang sulit terdeteksi. Ini berbeda dengan audit," jelas Anita. 

Sedangkan Ketua Prodi Akuntansi, Dr. Ana Sopanah, SE, MSi, Ak, CA, CMA, CIBADi mengatakan sangat tertarik dengan akuntansi forensik. "Prodi Ak-FE UWG belum memasukkan Akuntansi Forensik ini dalam kurikulumnya. Kami sangat tertarik dengan perkembangan baru ini. Ke depan kami ingin pula memasukkan Akuntansi Forensik ini ke dalam kurikulum," kata Sopanah. 

Sementara itu mahasiswa peserta kuliah lapang mengaku senang dengan kegiatan ini. Sebab dapat mengetahui apa itu akuntansi forensik.

UWG-AJP-3at81.jpg

"Menarik dan asyik. Selain bisa bersilaturahmi dengan mahasiswa akuntansi dari UTM, kami dapat ilmu baru tentang Akuntansi Forensik. Yang saya ketahui kata forensik selama ini hanya dikaitkan dengan dunia medis. Ternyata ilmu akuntansipun memanfaatkannya untuk mengungkap kevurangan dalam praktik bisnis dan pemerintahan. Luar biasa," katanya. 

Kunjungan juga diikuti oleh beberapa dosen yakni Khojanah Hasan, SE, MM, Ak, Dra. Dwi Anggarani, MM, Ak, Dra. Endah Puspito, MSi, Ak. Diakhit kunjungan diserahkan cinderamata dan foto bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES