Gaya Hidup Marhaban Ya Ramadhan

Tahan Haus Selama Puasa, Lakukan Cara Ini

Kamis, 01 Juni 2017 - 11:40 | 42.32k
ILUSTRASI. Menahan haus saat puasa. (Foto: natural-health-journals.com)
ILUSTRASI. Menahan haus saat puasa. (Foto: natural-health-journals.com)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berpuasa di cuaca yang sedang panas, memang membuat Anda merasakan kering di mulut dan juga tenggorokan sehingga rasa haus sulit untuk dihindari. Agar ibadah puasa Anda tidak terganggu dan tetap lancar, Anda bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasi haus saat puasa. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Perbanyak minum air putih
Usahakan perbanyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini dapat membuat Anda terhidrasi dengan baik saat Anda menjalankan puasa. Usahakan minum air putih satu atau dua cangkir setiap satu jam. Kebiasaan ini akan membantu Anda tidak kehausan pada jam-jam puasa.

2. Konsumsi banyak buah-buahan
Salah satu cara mudah untuk mencegah haus saat puasa adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Asupan cairan tidak hanya bisa Anda dapatkan dengan minum air putih, namun juga bisa Anda dapatkan di buah-buahan. Pilihlah buah yang memiliki kadar air tinggi seperti semangka, melon, dan nanas. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, dibekukan atau dijus.

3. Konsumsi yogurt
Yogurt mengandung sekitar 85 persen air. Tidak hanya dapat memberikan asupan cairan untuk tubuh, kandungan yogurt yang memiliki banyak nutrisi, kalsium, dan protein, sangat baik untuk Anda yang sedang berpuasa. Anda bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt untuk mendapatkan asupan cairan yang lebih banyak saat sahur.

4. Kurangi konsumsi makanan pedas dan asin
Bagi penikmat makanan pedas dan asin, lebih baik kurangi konsumsinya saat puasa. Sebab, makanan pedas dan asin bisa membuat kita lebih cepat haus. 

5. Konsumsi vitamin C
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin C, maka tubuh akan selalu segar dan bisa menjauhkan diri dari rasa haus saat berpuasa. Perbanyak konsumsi vitamin C alami dari buah ataupun madu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES