Kesehatan

RS dr Koesnadi Bondowoso Dapat Layani Tindakan Bedah Mulut

Kamis, 01 Juni 2017 - 00:23 | 268.44k
Tindakan operasi bedah mulut di RS dr H Koesnadi Bondowoso (Foto: Istimewa)
Tindakan operasi bedah mulut di RS dr H Koesnadi Bondowoso (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca lolos dengan akreditasi paripurna serta ditunjuknya Direktur baru, Rumah Sakit (RS) dr H Koesnadi Bondowoso terus berbenah. Salah satunya dengan membuka penanganan bedah mulut yang ditangani langsung oleh dokter spesialis Bedah Mulut. 

Adalah dr Eka Widyanta, Sp. BM yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Gigi Departemen Bedah Mulut Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang akan menangani pasien dengan keluhan tumor atau neo plasma yang berada disekitar mulut. 

Menurut dr Eka, saat ini banyak pasien yang datang ke bagian bedah mulut RS dr Koesnadi dengan mengalami impaksi. Impaksi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau calon gigi yang akan tumbuh terhalang pertumbuhannya sehingga mengakibatkan gigi tidak dapat tumbuh secara normal. Pada kasus di gigi geraham, ini dapat mengganggu proses pengunyahan dan menyebabkan sakit gigi. 

"Pada keadaan yang sudah parah, biasanya akan dilakukan dengan tindakan pembedahan di kamar operasi. Pasien dibius total atau pembiusan general dengan penanganan dokter ahli anestesi," ujar dr Eka. 

Selain kasus impaksi, kasus lain yang juga banyak ditangani oleh bagian bedah mulut adalah bibir sumbing, kelainan celah langit-langit pada mulut. Kelainan ini biasanya disebabkan sejak bayi dilahirkan dan merupakan cacat bawaan pada bayi. Serta, kasus tumor pada daerah sekitar mulut yang menuntut untuk dilakukan pembedahan.

"Untuk kasus tumor pada daerah sekitar mulut, tindakan yang harus diambil biasanya ya operasi," ujarnya. 

Pelayanan bagian bedah mulut ini tentu sangat berarti bagi masyarakat Bondowoso. Dengan ditangani dokter ahli dan peralatan yang sudah memadai, pasien tidak perlu lagi dirujuk ke RS lain di luar Kabupaten Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES