Kesehatan Marhaban Ya Ramadhan

Saat Sahur Hindari Makanan Mie Instan

Rabu, 31 Mei 2017 - 22:18 | 25.42k
ILUSTRASI. (Foto: Shutterstock)
ILUSTRASI. (Foto: Shutterstock)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengaturan pola dan jenis makanan saat sahur menjadi krusial bagi anda yang menjalankan ibadah puasa.

Agar tetap fit selama 14 jam, baiknya anda menghindari beberapa jenis makanan, seperti mie instan, dan makanan yang digoreng dan berminyak. Dua makanan jenis ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh saat siang hari.

Yang tak kalah penting adalah mengatur pola asupan air agar tubuh tidak gampang dehidrasi.

Dr. Farida Wahyu Ningtyias S.KM, M.Kes Ahli gizi dan dosen FKM Universitas Jember menyampaikan, jangan sering sahur dengan mie instan sebab mempengaruhi kinerja pencernaan. Lebih baik menyiapkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks.

"Kurangi mie instan, makanan pedas, makanan yang digoreng atau terlalu banyak minyak. Lebih baik menyiapkan makanan yang banyak mengandung serat dan buah, serta ditambah protein agar tidak mudah lapar," ucapnya, Rabu (31/5/2017).

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi air putih dengan mengatur pola minum agar asupan air yang dibutuhkan tubuh tetap tercukupi.

"Kalau berbuka minum 2 gelas, setelah berbuka 2 gelas kemudian akan tidur usahakan minum kembali 2 gelas dan terakhir saat sahur minum 2 gelas. Sehingga konsumsi air dalam tubuh akan tetap terjaga," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES