Peristiwa Nasional

Pemerintah Siapkan Perubahan APBN 2017

Selasa, 30 Mei 2017 - 23:35 | 35.48k
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Corong Indonesia)
Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Corong Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah menyiapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2017 karena adanya perubahan target penerimaan dalam APBN 2017 akibat naiknya harga minyak sepanjang tahun ini.

“Perubahan yang cukup besar yang mengubah dari sisi pendapatan negara adalah dari sisi harga minyak yang rata-ratanya sampai saat ini sudah mencapai 50 dollar per barel dari harga minyak. Asumsi di APBN adalah 45 dollar per barel,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menkeu menambahkan, dari perubahan tersebut, pemerintah melihat pula evaluasi sesudah tax amnesty dan proyeksi dari penerimaan perpajakan.

Menurutnya, diperkirakan ada beberapa tekanan dari sisi penerimaan untuk tahun ini.

“Tidak setinggi seperti yang dibayangkan pada saat menyusun APBN, dimana pertumbuhan pajaknya berdasarkan APBN 2017, dan dengan penerimaan tahun 2016, itu asumsinya ada pertumbuhan 16 persen. Kita memperkirakan mungkin akan sekitar hanya 13 persen,” jelasnya.

Dengan adanya penurunan lebih sedikit, paparnya, secara total APBN 2017 akan ada kenaikan penerimaan dari tambahan harga minyak, namun ada sedikit penurunan dari penerimaan pajak.

“Secara total mungkin ada net sekitar Rp15 triliun,” ujar Sri Mulyani.

Diperkirakan, pertumbuhan ekonomi akan membaik meskipun masih harus hati-hati melihat pada kuartal kedua dan ketiga. Outlook-nya bisa mencapai 5,3 meskipun kita tetap antara 5,1 sampai 5,3 dengan kuartal pertama sekitar 5,01.

“Maka untuk bisa mencapai 5,3 kita harus tumbuh lebih tinggi pada kuartal dua, tiga, dan empat, yaitu sekitar 5,4 persen. Ini adalah sesuatu yang tantangan yang tidak mudah,” paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES