Kuliner

Umbut Rotan, Makanan Khas Ramadhan Warga Pinggiran Banyuwangi

Rabu, 31 Mei 2017 - 02:00 | 108.65k
Umbut Rotan yang tersaji di samping sambal terasi di rumah Nasibah  (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Umbut Rotan yang tersaji di samping sambal terasi di rumah Nasibah (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rotan muda ternyata bisa dimasak menjadi hidangan unik yang disajikan hanya di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, bagi warga pinggiran Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satunya warga Lingkungan Papring, Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro yang berada di tepi Hutan Produksi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banyuwangi Utara.

Misalnya Nasibah yang telah turun-temurun terbiasa memasak umbut rotan, hanya di Bulan Ramadhan. Dia mengatakan makanan itu banyak disukai warga sebagai ganti daging, dari anak-anak hingga dewasa.

“Dari saya kecil, nenek saya masak, ibu saya juga masak. Kalau tidak Bulan Puasa tidak ada yang masak,” kata Nasibah, Selasa (30/5/2017).

Dia menjelaskan cara memasak umbut, mula-mula kupas kulit batangnya, potong sepanjang 3 centimeter, direbus sekitar 1 jam, dan ditumis dengan bumbu.

Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, kacang tanah dan cabai rawit yang dihaluskan, disertai kecap yang dimasukkan akhir-akhir saat masakan matang.

“Ada tetangga yang cari ke hutan, saya beli Rp 5 ribu dapat 7 batang (panjang sekitar 40 centimeter). Tidak bisa cari sendiri ke hutan kalau bukan ahlinya, itu duri semua,” tambah Nasibah.

Saat mentah umbut rotan sudah bisa dimakan setelah dikupas, memiliki tekstur renyah, rasanya seperti umput kelapa atau empol batang pohon kelapa.

Setelah dimasak muncul tekstur lembut dan berserat sebagaimana daging sapi, seratnya semakin terasa hingga seperti serat genjer saja. Bumbunya yang mengandung kacang, cabai dan kecap terasa seperti sambal sate Madura yang gurih dan pedas.

Meski hidup sederhana, bersama keluarga tinggal di rumah berdinding anyaman bambu, warga Papring selalu memiliki hal unik dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES