Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Siswi Cantik Asal Purbalingga ini Juarai LKS Tingkat Nasional

Senin, 29 Mei 2017 - 22:14 | 315.40k
Afri Indah Saptiana di dampingi Guru Pembimbingnya, indah sri rahayu, S. Pi, saat menerima Hadiah di ajang LKS Nasional. (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
Afri Indah Saptiana di dampingi Guru Pembimbingnya, indah sri rahayu, S. Pi, saat menerima Hadiah di ajang LKS Nasional. (Foto: ajp. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Siswi SMKN 2 Purbalingga berhasil meraih juara dua dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke 25 tingkat nasional bidang fishery. LKS digelar pada tanggal 14-20 Mei 2017 di Stadion Manahan dan di beberapa SMK di Surakarta.

Siswi bernama Afri Indah Saptiana (18) dari Purbalingga ini berhasil mengalahkan 25 peserta dari perwakilan seluruh provinsi di Indonesia.

“Saya merasa puas dengan pencapaian saya kali ini, meskipun belum bisa menjadi yang pertama, setidaknya ini adalah sebuah perjuangan hebat yang pernah saya lakukan dan sudah saya lakukan semaksimal mungkin. Jadi saya merasa bangga karena bisa membawa nama baik Jawa Tengah khususnya Purbalingga sendiri dan sekolahan pastinya,” ungkap Afri, saat di temui di sekolahnya, Senin (29/5/2017).

Afri-Indah-2Mg5Jn.jpg

Menurut Afri, perjalanannya sampai mencapai titik nasional ini cukup berat. Pertama dia harus mengikuti seleksi dari tingkat sekolah sampai dua kali. Setelah berhasil melewati seleksi sekolah, ia langsung diterjunkan ke provinsi untuk mewakili Purbalingga pada ajang LKS tingkat provinsi Jawa Tengah di Sragen, Jawa Tengah.

Dari 13 peserta yang mengikuti LKS provinsi dari perwakilan beberapa kabupaten di Jawa Tengah akhirnya Afri berhasil menjadi juara pertama dan berhak mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional. 

Kegiatan yang dilombakan pada LKS Nasional bidang fishery ini meliputi penilaian praktik pemijahan buatan pada lele dumbo, presentasi dan wawancara menggunakan bahasa Inggris. 

Setelah menyelesaikan berbagai kegiatan yang dilombakan selama tiga hari, rekap nilai dari para juri menunjukkan bahwa peserta dari Jawa Tengah bernama Afri Indah Saptiana berhasil meraih juara 2. Dan Afri berhak mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, medali, serta uang pembinaan sebesar Rp 6 juta.

“Atas pencapaian saya ini, saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Allah SWT,  kepada Bapak Trisna Widada selaku Kepala SMKN 2 Purbalingga, Bu Indah Sri Rahayu selaku guru pembimbing LKS,  Bu Umi dan Bu Kiki, selaku guru produktif perikanan, kedua orang tua, serta seluruh guru dan karyawan SMKN 2 Purbalingga yang telah memberikan dukungan dan doa,” kata Afri. 

Ia juga menceritakan inspirasinya dalam mengikuti lomba LKS. Afri mengaku menyukai segala hal tentang dunia perikanan. Dari hal yang kecil bisa menjadi hal yang luar biasa, contohnya bisa dibuktikan dari lomba LKS bidang fishery ini. 

"Kunci untuk menjadi juara adalah jangan pernah menyerah, selalu berusaha dan jangan pernah lupa untuk selalu berdoa dan mohon doa restu dari kedua orangtua,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES