Peristiwa Internasional

Presiden Kim Jong-un Pimpin Langsung Uji Senjata Anti Pesawat Terbang Barunya

Senin, 29 Mei 2017 - 03:15 | 35.70k
Presiden Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: Merdeka)
Presiden Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: Merdeka)

TIMESINDONESIA, SEOUL – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Minggu (28/5) pimpin langsung uji senjata baru anti-pesawat dan memerintahkan pembuatan besar-besaran senjata baru itu beserta penempatannnya.

"Kim Jong-un menyaksikan pengujian jenis baru sistem senjata anti-pesawat terbang yang diselenggarakan oleh Akademi Ilmu Pertahanan Nasional," tulis kantor berita Korea Utara KCNA dalam sebuah laporannya, Minggu (28/5).

"Sistem senjata ini, yang kemampuan operasinya sudah diverifikasi secara menyeluruh, harus diproduksi masal untuk seluruh negeri...dengan demikian sepenuhnya akan membuyarkan mimpi musuh untuk menguasai udara serta bualannya mengenai supremasi udara dan kekuatan senjata," tambah laporan itu.

KCNA melaporkan, Kim didampingi oleh ajudan militernya dan mencantumkan tiga nama yang diyakini sebagai pejabat tinggi di negara yang tengah mempercepat program pengembangan peluru kendali.

Mereka adalah Ri Pyong-chol, bekas jendeal Angkatan Udara; Kim Jong-sik, ilmuwan roket veteran; dan Jang Chang-ha, kepala Akademi Ilmu Pertahanan Nasional, pusat pengembangan dan pengadaan senjata.

Sejak awal tahun 1916 Korea Utara mempercepat produksi dan pengembangan senjata-senjata barunya. Termasuk peluru kendali jarak jauh, yang mampu menyerang daratan Amerika Serikat.

Negara tersebut menolak tegas sanksi PBB dan unilateral oleh negara lain, dengan mengatakan bahwa pembatasan program senjata sebagai pelanggaran hak untuk membela diri dan menyatakan bahwa program ini diperlukan untuk melawan agresi AS.

Mereka terakhir kali melakukan uji coba peluru kendali balistik pada satu minggu yang lalu. Mereka juga menyatakan rudal (peluru kendali) balistik berjangkauan menengah tersebut memenuhi semua persyaratan teknis dan sudah bisa diproduksi massal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES