Kuliner Marhaban Ya Ramadhan

Masak Praktis Selama Ramadhan? Siapkan Bumbu Giling 

Minggu, 28 Mei 2017 - 16:21 | 54.18k
ILUSTRASI: Bumbu (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Bumbu (Foto: istimewa)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menyiapkan makanan saat sahur merupakan tantangan bagi para ibu rumah tangga. Berburu dengan waktu imsak, ibu rumah tangga harus memasak dengan cepat. 

Selebriti Chef Juna Rorimpandey memberikan tips memasak cepat bagi ibu rumah tangga. "Salah satu solusinya adalah menyetok berbagai bumbu siap olah," kata Chef Juna. 

Bumbu siap olah ini dapat dibeli langsung di supermarket maupun pasar. Atau dapat juga menggiling sendiri bumbu dasar. Seperti bumbu dasar kuning, merah dan putih. 

Bumbu dasar kuning terdiri dari bawang merah, bawang putih dan kunyit. Bumbu dasar putih hanya bawang merah dan bawang putih, sedangkan bumbu dasar merah terdiri dari bawang merah dan putih serta cabai. 

 “Sebelum masuk bulan puasa atau di awal puasa coba buat bumbu halus yang banyak, bisa bumbu dasar putih, merah atau kuning supaya saat memasak bisa langsung tumis bumbunya,” kata pria tampan ini. 

Bumbu ini bisa jadi andalan saat hendak mengolah masakan. Chef Juna mengatakan yang terpenting saat menyiapkan menu sahur adalah efisiensi jenis makanan yang dipilih, harus praktis dan mudah dibuat agar tidak banyak membuang waktu.

“Yang penting kan efisien, makanan cepat dimasak, kalau ada bumbunya langsung bisa tumis, aduk-aduk sampai matang lalu sajikan,” lanjut Chef Juna.

Juri MasterChef Indonesia ini juga menyarankan untuk jangan membuat masakan yang proses pengolahannya lama. Hal yang terpenting adalah makanan mengandung nutrisi yang komplek dan lengkap. 

“Saya enggak menyarankan lima sempurna, tapi yang penting empat sehat. Ada semua unsur zat yang dibutuhkan tubuh mulai karbo, protein, vitamin dan lainnya,” tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES