Peristiwa Daerah

Pesantren Nurul Jadid Kerjasama dengan Majelis Ulama Pattani

Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:51 | 128.16k
Silaturrahim Majelis Ulama Thailand ke Pondok Pesantren Nurul Jadid (foto: Istimewa)
Silaturrahim Majelis Ulama Thailand ke Pondok Pesantren Nurul Jadid (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Jawa Timur menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan The Central Islamic Council of Pattani atau Majelis Agama Islam Pattani dan Yayasan Pusat Penyelarasan Tadika Lima Wilayah Selatan (PERKASA) Sabtu (27/5/2017) siang.

Penandatanganan MoU dilakukan di ruang pertemuan Program Pascasarjana Institut Agama Islam (IAI) Nurul Jadid, saat rombongan dari Thailand datang bersilaturrahim ke pesantren. 

Perwakilan Majelis Agama Islam Pattani, Usman Tatyakong mengatakan, mayoritas warga Thailand beragama Budha. “Demikian juga, budaya Budha sangat kental di Thailand,” katanya. 

Oleh sebab itu, pelajar muslim di Pattani, banyak yang melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri sekaligus menimba ilmu agama ke negara yang mayoritas muslim.

Usman berharap, kerjasama dengan Pondok Pesantren Nurul Jadid bisa memberikan manfaat pada umat Islam di Patani, Thailand. “Keluarga dan anak-anak kami hidup damai dalam Islam," katanya.

Sementara Kepala Pesantren dan Wakil Ketua Yayasan Nurul Jadid, KH Abdul Hamid Wahid mengatakan, kerjasama antara kedua belah pihak tersebut merupakan langkah awal untuk memasuki globalisasi pada tahun 2020. 

Sebab menghadapi globalisasi diperlukan pendekatan dan kerjasama dengan pelbagai pihak serta membangun sistem palayanan.

“Kita berasal dari dua latar budaya yang beda, kerjasama ini untuk saling mengenal budaya dan memperkuat sesama umat Islam dan sesama rumpun Melayu,” ungkap KH Hamid. 

Sasaran terdekat kerjasama ini, yaitu pada tingkat Asean. Pada tataran ini, katanya, kita akan bekerjasama dengan negara-negara lain seperti Singapur, Malaysia, Brunei dan negara lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES