Kesehatan

Deteksi Gas dalam Darah, RS dr Koesnadi Bondowoso Punya Alat Canggih

Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:45 | 107.94k
Dokter RS dr H Koesnadi Bondowoso sedang menggunakan alat di Laboratorium (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Dokter RS dr H Koesnadi Bondowoso sedang menggunakan alat di Laboratorium (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan penyakit dan ilmu kedokteran, kini Laboratorium Rumah Sakit Umum dr H Koesnadi (RSDK) Bondowoso telah memiliki alat canggih pemeriksaan darah yang disebut Blood Gas Analyzer. 

Kepada TIMES Indonesia, dr Puji Elmiasih, Sp. PK menjelaskan jika Blood Gas Analyzer adalah alat untuk mengetahui gas yang terdapat dalam darah manusia.

"Blood Analyzer adalah alat untuk mengetahui gas yang ada di darah. Proses ini akan memudahkan dokter anestesi dalam memberikan formula terapi kepada pasien," katanya.

RS-KoesnadiuPSNz.jpg

Selain Blood Analyzer, RSDK juga mempunyai alat medis Biologi Molekul Lab. Alat ini berfungsi memeriksa pasien TBC, "Jadi untuk mendeteksi pasien TBC atau tidak, sudah tidak perlu lagi dengan cara konvensional seperti deteksi dahak atau liur pasien," tambahnya.

Pemeriksaan ini sangat membantu masyarakat dalam pengobatan baik rawat inap maupun rawat jalan. Terutama pemeriksaan pada pasien kritis di ICU,  ICCU dan IGD yang harus memperoleh dosis tepat pada penanganan asidosis atau kekurangan oksigen.

Laboratorium RSDK melayani pasien selama 24 jam penuh dan terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Peralatan yang tersedia juga sudah full automatic untuk pemeriksaan kimia klinik, hematologi dan imunologi. 

Ke depan, RSU Koesnadi Bondowoso menargetkan menjadi pusat rujukan pemeriksaan laboratorium bagi masyarakat Bondowoso dan sekitarnya. Mengingat alat laboratorium ini memiliki tingkat kecanggihan sesuai dengan rumah sakit tipe B.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES